KALPO 2019 Kombinasikan Olahraga dan Pariwisata

WAKIL Bupati Belitung Timur Burhanudin memukul genderang menandai resmi dibukanya Kejuaraan Laskar Pelangi Open (KALPO) Tahun 2019

KALPO 2019 Kombinasikan Olahraga dan Pariwisata
ist/KALPO 2019 Kombinasikan Olahraga dan Pariwisata
Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin melakukan salam komando dengan atlet pemenang lomba jalan cepat 20 kilometer KALPO 2019 seusai mengalungkan medali, di Stadion Utama Belitung Timur, Kamis (12/9). 

POSBELITUNG.CO - Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin memukul genderang menandai resmi dibukanya Kejuaraan Laskar Pelangi Open (KALPO) Tahun 2019 di Stadion Belitung Timur Pelangi, Kamis (12/9).

Sebanyak 322 atlet dari 40 kontingen, baik dari daerah ataupun klub atletik, mengikuti ajang KALPO 2019 yang juga sekaligus babak kualifikasi PON XX di Papua tahun 2020.

Ketua Panitia KALPO 2019 Evi Nardi dalam sambutannya mengatakan, tujuan digelarnya ajang ini adalah untuk menghasilkan atlet juara dengan prestasi maksimal dan meningkatkan kualitas atlet Kabupaten Belitung Timur.

"Dengan adanya ajang ini kita ingin memberikan pengalaman bertanding skala nasional atlet Kabupaten Belitung Timur, sekaligus untuk menumbuhkan minat dan bakat dari masyarakat Belitung Timur," kata Evi.

Evi mengatakan, KALPO 2019 merupakan bukti komitmen dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Belitung Timur terhadap pengembangan dan pembangunan olahraga, khususnya pembinaan atlet atletik agar mampu berprestasi di tingkat provinsi, regional, Nasional bahkan internasional.

"Pada KALPO 2019, kita mengombinasikan dengan wisata atau sport tourism yang menarik minat banyak orang. Dan faktanya 85 persen peserta berasal dari luar Kabupaten Belitung Timur," sebut Evi.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Babel Suharto, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Beltim dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam KALPO 2019.

"Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat bertanding di Negeri Laskar Pelangi ini. Selain medali yang akan diperebutkan, catatan waktu terbaik juga sangat menentukan bagi atlet untuk dapat bertanding di PON 2020 mendatang," kata Suharto.

Provinsi Babel saat ini juga sedang gencar-gencarnya menjaring berbagai kejuaraan nasional dan dunia. Hal itu sangat relevan dalam upaya mengkolaborasikan kegiatan olahraga dan pariwisata, agar kunjungan wisatawan meningkat ke Provinsi Babel.

"Saya harap seluruh kontingen dapat menikmati keindahan wisata dan kuliner yang ada di Kota 1001 Warung Kopi. Semoga berkesan baik disertai harapan suatu hari nanti akan datang berkunjung kembali," harap Suharto.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin meminta agar seluruh atlet yang akan bertanding, dapat menjunjung tinggi sportivitas dan menjaga nama baik daerah masing-masing.

"Kepada wasit, juri atau panitia saya minta dapat profesional, objektif dan adil dalam memutuskan," kata Burhanudin.

Burhanudin berharap agar ajang KALPO ataupun kegiatan atletik serupa, dapat dijadikan agenda tahunan di Kabupaten Belitung Timur. Apalagi dengan lintasan dan fasilitas yang ada di Stadion Belitung Timur sudah sesuai standar nasional.

"Terima kasih kepada PB PASI Pusat dan seluruh sponsor yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini," ucapnya. (*/adv)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved