Berita Belitung

Operasi Patuh Menumbing 2019, Polres Belitung Keluarkan 1.416 Surat Tilang

Selama kegiatan Operasi Patuh Menumbing 2019, jajaran Polres Belitung telah mengeluarkan 1.416 lembar surat tilang.

Operasi Patuh Menumbing 2019, Polres Belitung Keluarkan 1.416 Surat Tilang
Posbelitung/Dede Suhendar
Kabag Ops Polres Belitung Kompol Erlicshon saat menggelar konfrensi pers didampingi KBO Lantas Ipda Yakub Samsudin dan Kasubag Humas AKP Mahmud, Jumat (13/9/2019). 

POSBELITUNG.CO-- Selama kegiatan Operasi Patuh Menumbing 2019, jajaran Polres Belitung telah mengeluarkan 1.416 lembar surat tilang.

Namun  dibandingkan dengan kegiatan pada tahun 2018 lalu yang mencapai 1.681 lembar tilang, angka tersebut justru mengalami penurunan.

"Jadi hasilnya memang menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Artinya tingkat kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas sudah mulai meningkat,"jelas Kabag Ops Polres Belitung Kompol Erlicshon saat menggelar konfrensi pers didampingi KBO Lantas Ipda Yakub Samsudin dan Kasubag Humas AKP Mahmud, Jumat (13/9/2019).

Menurut Erlicshon, jika dirincikan dari 1.416 lembar tilang yang dikeluarkan terdapat barang bukti berupa 273 SIM, 1.005 STNK dan 174 kendaraan.

‎Sedangkan jenis pelanggaran yang mendominasi khusus R2 yaitu penggunaan helm SNI disusul pengendara di bawah umur dan lain-lain seperti kelengkapan kendaraan.

Sedangkan untuk kendaraan R4, pelanggaran yang dilakukan yaitu tidak menggunakan sabuk pengaman dan kelengkapan kendaraan.

‎"Kalau data profesi pelanggar itu didominasi karyawan atau wiraswasta yang berjumah 740 orang dan selebihnya pelajar atau mahasiswa‎ 193," ungkap Erlicshon.

‎Terakhir, jumlah kecelakaan lalu lintas selama ‎digelarnya Operasi Patuh Menumbing 2019 yaitu empat kejadian. Dimana secara kecelakaan yang terjadi berjenis laka tunggal.

‎Menurutnya laka tersebut dominan disebabkan karena tidak fokusnya pengendara dalam mengemudikan kendaraan seperti adanya hewan melintas, jalan yang berlubang dan khusus R4 pengemudi mengantuk. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved