Produk Hasil Pengolahan Perikanan Masuk ke Pasar Ekspor Asia, Sudah Tersedia Outlet di Kuala Lumpur

Ekspor akan dimulai menggunakan pesawat Air Asia yang melakukan penerbangan perdana pada tanggal 1 Oktober 2019 tujuan Kuala Lumpur

Produk Hasil Pengolahan Perikanan Masuk ke Pasar Ekspor Asia, Sudah Tersedia Outlet di Kuala Lumpur
Pos Belitung/Disa Aryandi
Produk KUKM yang ada di Galeri KUMKM Belitung, Jumat (13/9/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Selain produk lada yang akan memasuki pasar ekspor di eropa, hasil pengolahan perikanan juga akan memasuki pasar ekspor se Asia. Produk tersebut sudah menjadi perencanaan dan permintaan dari pasar ekspor.

Ekspor akan dimulai menggunakan pesawat Air Asia yang melakukan penerbangan perdana pada tanggal 1 Oktober 2019  dengan tujuan Kuala Lumpur.

"Kemarin produk UKM ini sudah pernah dipromosikan di Kuala Lumpur, kalau Air Asia sudah berjalan, maka akan menggunakan pesawat itu untuk pengiriman. Jadi nanti langsung melakukan ekspor, tidak via Jakarta lagi," kata Kabid Koperasi UKM, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir kepada posbelitung.co, Jumat (13/9/2019).

Ia mengatakan, seiring perkembangan tidak dipungkiri ada produk - produk lain yang menyusul, tergantung permintaan pasar ekspor.

"Lagi pula untuk produk industri hasil pengolahan perikanan kemasan sudah standar nasional. Sama seperti ekspor lada, tidak perlu menunggu satu kontainer dulu baru dikirim, tapi ada berapa dus bisa dikirim. Yang penting harus berani dulu melakukan elspor," ujarnya.

Seperti kerupuk, terasi, ikan teri dan lainnya. Sedangkan untuk pemasaran produk ini di Kuala Lumpur, sudah disiapkan outlet khusus untuk produk Belitung.

"Secara umum pelaku UKM di Belitung sudah siap untuk masuk ke pasar ekspor. Bisa dihitung saja, misalkan krispi itu satu kali produksi bisa 600 bungkus. Kalau ini terjadi, maka sentral UKM akan bertambah, omset pelaku UKM secara otomatis bertambah," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)


Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved