Berita Belitung

Produk KUKM di Belitung Sudah Mulai Rintis Lakukan Ekspor, Jadi Incaran Indonesia Eximbank

Berbagai Produk Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) di Kabupaten Belitung, Jumat (13/9/2019)

Produk KUKM di Belitung Sudah Mulai Rintis Lakukan Ekspor, Jadi Incaran Indonesia Eximbank
Posbelitung/Disa Aryandi
Mula Samosir 

POSBELITUNG.CO-- Berbagai Produk Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) di Kabupaten Belitung, Jumat (13/9/2019) sudah mulai diarahkan untuk mengisi kebutuhan ekspor.

Arahkan tersebut setelah Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKPTK) Kabupaten Belitung melakukan pertemuan dengan Tim Indonesia Eximbank beberapa waktu lalu.

Indonesia Eximbank adalah lembaga keuangan khusus milik Pemerintah Republik Indonesia, untuk menjalankan pembiayaan ekspor nasional.

Rencana ekspor terhadap produk KUKM itu pula, sudah melalui koordinasi dengan berbagai kementerian terkait di Pemerintah Pusat pusat. Itu mengingat produksi KUKM di Belitung sejak 10 tahun ke belakang, mengalami peningkatan.

"Jadi sekarang Belitung mau berinovasi untuk mewujudkan produk UKM, agar masuk ke pasar ekspor. Ini pertengahan Desember 2019 ini akan di lounching, dan sekarang sedang persiapan-persiapan termasuk izin," jelas Kabid Koperasi UKM DKPTK Kabupaten Belitung Mula Samosir kepada posbelitung.co.

Indonesia Eximbank, kata Mula, akan memfasilitasi untuk pengurusan ekspor produk KUKM di Belitung. Sehingga semua sistem akan tersusun dengan rapi hingga kepada pelaku UKM yang mengirimkan hasil produksi KUKM.

"Kemarin kami sudah melakukan simulasi dari mulai pelaku UKM mengirimkan produk nya, hingga ke pengiriman. Simulasi itu melibatkan beacukai dan instansi terkait," ujarnya.

Menurut Mula, mereka tetap akan membantu pelaku UKM hingga terjadi pasar produk UKM melalui ekspor tersebut.

"Kami nanti sebagai jembatani dan fasilitator untuk pelaku - pelaku UKM ini, termasuk urusan - urusan pembayaran dan kiat-kiat ekspor segala macam," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved