Berita Belitung

Rp 1,5 Juta Sudah Bisa Backpackeran di Belitung Selama 3 Hari! Cobain, Kuy!

Hanya Rp 1,5 juta saja bisa puas berkeliling di Pulau Belitung selama tiga hari dua malam.

Rp 1,5 Juta Sudah Bisa Backpackeran di Belitung Selama 3 Hari! Cobain, Kuy!
posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Seorang wisatawan berfoto di letter art Welcome to Belitong di Pantai Tanjung Kelayang beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Setelah tenar di dunia pariwisata nasional, Pulau Belitung makin dilirik oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Namun, masih banyak berpikir ke Belitung pasti mahal. Ternyata tidak, lho! Hanya Rp 1,5 juta saja bisa puas berkeliling di Pulau Belitung selama tiga hari dua malam.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah tiket pesawat. Harga tiket pesawat sangat fluktuatif, terutama menjelang hari-hari besar dan akhir pekan. Waktu terbaik berkunjung ke Belitung adalah bulan Agustus-November. Dibulan-bulan itu cuaca sangat mendukung untuk aktivitas di pantai karena cuaca yang cerah.

Disarankan juga untuk hunting tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan lupa juga manfaatkan promo-promo dari aplikasi pemesanan tiket online. Rata-rata bisa dapat diharga Rp 600-700 ribu PP. Apalagi mulai 2 Oktober 2019 maskapai Air Asia akan mendarati Belitung, akan semakin kompetitif harga tiket pesawat. Kabar baik bagi para backpacker, nih!

Setelah hunting tiket pesawat, kita harus menyiapkan transportasi dan akomodasi selama di Belitung. Sama seperti banyak daerah wisata lainnya, Belitung memiliki layanan penyewaan kendaraan yang terjangkau untuk backapacker. Sewa motor di Belitung hanya Rp 75 ribu seharian. Jika kalian pergi berdua harganya bisa dibagi dua, jadi tambah hemat kan!

Berwisata di Belitung
Berwisata di Belitung (posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Jika pergi bersama sahabat-sahabat bisa menyewa mobil dengan harga mulai dari Rp 300 ribu per hari. Pergi bareng sahabat akan membuat Anda semakin ramah terhadap kantong.

Lalu, untuk pilihan akomodasi di Belitung banyak yang ramah terhadap backpacker. Ingin menikmati view pantai tapi kantong cekak? Tenang, ada penginapan yang berada di tepi pantai dan harga per malamnya tidak sampai Rp 150 ribu! Tapi harus diingat, sama seperti tiket pesawat, memesan hotel juga harus jauh-jauh hari dan selalu manfaatkan promo!

Hal yang paling penting adalah urusan perut. Di Belitung bisa dikatakan harga makanannya sama seperti Jakarta, tidak jauh berbeda. Untuk para backpacker, jika ingin hemat pergi saja mencari warung makan masakan Jawa atau warung makan Padang. Nasi, sayur, ayam, dan es teh biasanya tidak lebih dari Rp 20 ribu. Jika makan tiga kali sehari, selama di Belitung Anda hanya menghabiskan Rp 180 ribu saja!

Bagaimana soal tiket masuk tempat wisata? Tenang, sebagian besar tempat wisata di Belitung gratis. Tempat wisata yang harus membayar yakni Museum Kata Andrea Hirata HTM-nya Rp 50 ribu. Tapi dengan uang segitu Anda sudah bisa berkeliling di tempat instagramable serta mendapat buku saku karya Andrea Hirata. Nothing to lose, kan?

Tak lengkap rasanya jika ke Belitung tapi tidak melakukan hopping island. Aktivitas menyusuri pulau-pulau, termasuk Pulau Lengkuas yang terkenal dengan mercusuarnya. Untuk ke sini, Anda harus menyewa boat biayanya Rp 450-550 ribu seharian sudah termasuk pelampung dan alat snorkeling. Jika Anda ahli menawar, bisa dapat harga di bawah itu!

Jadi, mari berhitung berapa total biaya yang harus disiapkan berlibur di Belitung jika pergi berdua!

Tiket pesawat : Rp 700 ribu PP
Penginapan : Rp 150 ribu/dua malam/orang
Transportasi : Rp 110 ribu/tiga hari/orang
Makan : Rp 180 ribu/tiga hari
Masuk Museum : Rp 50 ribu/orang
Sewa Boat : Rp 250 ribu/orang

Total biayanya adalah Rp 1.440.000 per orang, belum termasuk oleh-oleh! Tapi tentu Anda harus menyiapkan uang darurat selama berada di Belitung karena tidak selamanya rencana yang kita susun berjalan dengan lancar.

Bagaimana, sudah siap berkelana di Belitung?

(posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved