Berita Belitung

BPBD dan Dinkes Belitung Timur akan Bagikan Masker Cegah ISPA

Asap saat pagi hari sudah mulai memgganggu aktivitas masyarakat terutama pelajar yang sekolah dan warga yang beraktivitas pagi hari.

BPBD dan Dinkes Belitung Timur akan Bagikan Masker Cegah ISPA
posbelitung.co/Suharli
Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Beltim, Helmy saat menyerahkan maskwr yang akan dibagikan oleh relawan Beltim yang terdiri dari Tagana, pramuka peduli. Selasa (17/9/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Beberapa hari belakangan asap yang diduga kiriman dari Kalimantan menutupi pemandangan masyarakat kabupaten Belitung Timur.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Beltim, Helmy menyampaikan menindaklanjuti hal tersebut, BPBD Beltim Dan Dinas Kesehatan Beltim akan membagikan masker bagi pengguna jalan yang diprioritaskan pada pelajar dan anak-anak pada Rabu (18/9).

"Jadi ada indikasi Kabupaten Belitung Timur ini dapat kiriman yang arahnya dari Kalimantan, menurut keterangan nelayan mereka ketemu asap tersebut saat melaut," ujar Helmy kepada posbelitung.co, Selasa (17/9/2019).

Menurut Helmy asap tersebut saat pagi hari juga sudah mulai mengganggu aktivitas masyarakat terutama pelajar yang sekolah dan warga yang beraktivitas pagi hari.

"Jadi pemerintah kabupaten melalui BPBD Beltim dan Dinas Kesehatan bersinergi akan membagikan masker untuk pencegahan penyakit ISPA bagi masyarakat, yang nanti dibagikan kawan-kawan relawan," ujar Helmy.

Helmy menjelaskan pembagian masker akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama sebanyak 1000 masker, di empat kecamatan yang padat penduduk. Diantaranya kecamatan Manggar, Gantung, Damar dan Kelapa Kampit, sedangkan empat kecamatan lainnya menyusul.

"Untuk tahap keduanya baru dilaksanakan di Kecamatan Dendang, Simpang Pesak dan Renggiang, dari keempat kecamatan tersebut kami juga pantau feedbacknya apakah masih memerlukan. Tak menutup kemungkinan akan dibagi lagi di titik lain di kecamatan tersebut," ujarnya.

Kegiatan pembagian masker akan dilaksanakan pada rabu pagi mulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB. Titik fokusnya di Kecamatan Manggar di taman kota, Kelapa kampit di lapangan segitiga, Gantung di simpang tiga lampu merah, dan Kecamatan Damar, didepan kantor Desa Mengkubang.

"Kami harap anak-anak yang pergi sekolah dan ibu-ibu yang pergi ke pasar bisa tercover. Nanti ada dua jenis masker, dua jenis tersebut menyesuaikan stok yang ada di Dinas Kesehatan Beltim," jelasnya.

Nelayan Pilih Berlabuh 

Ketua Tagana Kecamatan Gantung, Samim mengatakan atas laporan warga nelayan yang melaut, beberapa nelayan lebih memilih kembali berlabuh kembali.

"Tadi ada nelayan yang turun, kata nelayan jarak pandang di laut cuman sebatas perahu saja, karena tidak punya GPS dan kompas nelayan tersebut lebih memilih pulang," ujar Samim kepada posbelitung.co

Satu diantara warga kabupaten Belitung Belitung Timur Baban saat ditemui akan melakukan rutinitasnya lari di seputaran stadion utama Pelangi, Komplek kantor Dispora Beltim mengaku mengurungkan niatnya untuk lari.

Menurutnya kalau dilanjutkan lari tidak terlalu bagus untuk kesehatan, ia mengaku beberapa bulan terakhir rutin lari di seputaran stadion, namun kali ini dia lebih memilih mengurungkan niatnya.

(posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved