Berita Belitung

Jualan Online Makin Marak, Begini Kata Kadin KUKMPTK Belitung

Adnizar mengimbau kepada masyarakat agar sebelum membeli jualan online hati-hati. Jika tidak sesuai dengan yang dibeli maka bisa dilaporkan.

Jualan Online Makin Marak, Begini Kata Kadin KUKMPTK Belitung
posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Jualan online sedang menjadi tren di kehidupan masyarakat perkotaan. Di Tanjungpandan sendiri sudah merasakan hal ini.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar, berjualan melalui online memiliki dampak positif dan negatif.

Dampak positifnya masyarakat menjadi lebih mudah dalam belanja betkat kemajuan teknologi. Pembeli tidak usah ke luar dan hanya menunggu di dalam rumah sampai barangnya diantar. Namun, juga tak lepas dari dampak negatifnya.

"Banyak jualan yang tidak sesuai. Barang yang dipajang seperti itu, tapi yang sampai ke rumah kok seperti ini. Hal ini akan menimbulkan masalah dari segi layanan konsumen," kata Adnizar kepada posbelitung.co, Kamis (19/9/2019).

Konsumen bisa melakukan klaim atas itu, lanjut Adnizar, namun akan membutuhkan waktu lama. Penambahan biaya kirim saat barang itu tidak sesuai dengan yang dipesan akan merugikan konsumen sendiri.

Ia menjelaskan pemerintah juga belum memiliki regulasi secara tegas dalam mengatur hal ini. Penjual-penjual online ini belum bisa ditarik kontribusinya berupa pajak karena belum ada aturannya.

Adnizar mengimbau kepada masyarakat agar sebelum membeli jualan online hati-hati. Jika tidak sesuai dengan yang dibeli maka bisa dilaporkan.

"Ya lapor ke kami atau lewat jalur-jalur seperti Besadu karena ini termasuk layanan konsumen. Nanti akan ditindak seduai prosedur yang berlaku," tambahnya.

(posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved