Berita Belitung

Muspika Tanjungpandan Bersama Tiga Pilar Rapatkan Barisan Cegah Karhutla

Tiga pilar muspika Tanjungpandan menggelar rapat koordinasi dan sinergisitas dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan

Muspika Tanjungpandan Bersama Tiga Pilar Rapatkan Barisan Cegah Karhutla
posbelitung.co/Dede Suhendar
Suasana rapat koordinasi dan sinergi Muspika Tanjungla dan bersama tiga pilar di ruang rapat Kantor Camat Tanjungpandan, Kamis (19/9/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Tiga pilar muspika Tanjungpandan menggelar rapat koordinasi dan sinergisitas dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kamis (19/9/2019).

Camat Tanjungpandan Marzuki, Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko dan Danramil 404-01 Tanjungpandan Mayor Inf Trijono duduk bersama jajaran lurah dan kepala desa se Tanjungpandan berdiskusi menentukan langkah mencegah karhutla.

"Jadi hasil rakor tadi ada empat kesepakatan yang akan sama-sama kami lakukan mencegah karhutla di wilayah Tanjungpandan ini," ujar Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko kepada posbelitung.co.

Kesepakatan pertama, kata Agus, jajaran lurah dan desa sepakat membentuk tim penanggulangan awal bencana dan Karhutla yang beranggotakan tiga pilar dan para kadus, ketua RT serta masyarakat setempat.

Kemudian, masing-masing desa dan kelurahan akan menyiapkan peralatan penanggulangan awal bencana dan Karhutla lengkap dengan personil yang mengawakinya.

"Biasanya di desa dan kelurahan itu kan ada motor tosa, nanti ditambah perlengkapan tangki air, mesin robin dan selang. Jadi untuk tindakan awal sembari menunggu petugas Damkar tiba," kata Agus.

Selain itu, sebagai langkah preventif, para kades dan lurah diminta menjadwalkan pertemuan warga untuk memberikan sosialisasi ataupu imbauan terhadap bahaya Karhutla serta sanksi hukum bagi yang sengaja melakukannya.

"Terakhir, berkoordinas dengan petugas Damkar bila kondisi api sudah tidak bisa teratasi dengan penanggulangan awal," ujar Agus.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved