Berita Belitung

Atasi Maraknya Kahutla di Belitung, Camat, Polsek dan Danramil Tanjungpandan Sepakat Lakukan Ini

Tiga Pilar, yakni Pemerintah Kecamatan, Polsek dan Danramil sudah sepakat untuk melakukan penanganan khusus atasi kahutla

Atasi Maraknya Kahutla di Belitung, Camat, Polsek dan Danramil Tanjungpandan Sepakat Lakukan Ini
Posbelitung/Disa Aryandi
Camat Tanjungpandan Marzuki 

POSBELITUNG.CO-- Tiga Pilar, yakni Pemerintah Kecamatan, Polsek dan Danramil 414-01 Tanjungpandan, sudah sepakat untuk melakukan penanganan khusus untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (kahutla).

Ada beberapa point yang dihasilkan oleh mereka, pada rapat yang terlaksana di Kantor Camat Tanjungpandan bersama pemerintah desa.

Point tersebut untuk mengatasi kahutla agar tidak semakin melebar. Penangan terhadap kahutla itu, akan dilakukan secara bersama-sama, dan melibatkan masyarakat secara langsung.

"Jadi hasil rapatnya, kami sudah mendapatkan kesimpulan jangka pendek dan jangka panjang. Tadi sudah dibahas semua, tentunya semua harus terlibat dalam penanganan kahutla ini," ungkap Camat Tanjungpandan Marzuki kepada posbelitung.co, Kamis (19/9/2019).

Menurutnya, langkah jangka pendek untuk penanganan kahutla itu, setiap desa atau kelurahan di Tanjungpandan kini harus memanfaatkan sepeda motor tosa. Kendaraan tersebut kini sudah di miliki oleh setiap Desa/Kelurahan.

"Nah kendaraan itu harus setiap hari standby dan dibagian bak belakang di isi drum yang sudah berisi air. Drumnya sebanyak mungkin, dan nanti dibantu dengan mesin pompa air atau mesin robin untuk menyalurkan air ke titik api," jelas Marzuki.

Seperti kendaraan pemadam kebakaran, lanjut dia, namun fungsi dari kendaraan tersebut hanya bersifat sementara untuk memberi penanganan awal, apabila terjadi kebakaran sembari menunggu mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi.

"Tapi kalau bisa diatasi apinya dengan alat itu lebih bagus, tapi ini harus didukung dengan patroli juga di desa/kelurahan itu, jadi kalau ada unsur api, langsung dipadamkan," kata Marzuki. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved