Kepala Dinas Koperasi Janjikan Kemudahan Usaha Untuk Pemuda Belitung, Ini Syaratnya

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar menjanjikan untuk pemuda-pemuda di Belitung

Kepala Dinas Koperasi Janjikan Kemudahan Usaha Untuk Pemuda Belitung, Ini Syaratnya
posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar. 

Kepala Dinas Koperasi Janjikan Kemudahan Usaha Untuk Pemuda Belitung, Ini Syaratnya

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar menjanjikan untuk pemuda-pemuda di Belitung kemudahan berusaha.

"Saya sebagai kepala dinas menjanjikan akan membantu pengusaha muda jika usahanya mampu bertahan minimal dua tahun," kata Adnizar kepada posbelitung.co, Jumat (20/9/2019).

Bantuan ini berupa pembelian alat-alat produksi bahkan pinjaman modal dengan modal berbunga lunak tiga persen.

Ia menyampaikan pemuda harus didorong untuk membuka usaha sendiri jangan menunggu jadi karyawan. Pemuda, lanjutnya, harus aktif melihat peluang usaha yang ada sekarang ini.

Zaman makin maju dan platform untuk menghasilkan uang juga tidak monoton seperti 10 tahun atau 20 tahun yang lalu. Ia mencontohkan Atta Halilintar yang bermodalkan membuat video blog lalu diupload ke youtube.

"Dia itu pintar cari peluang. Coba lihat sekarang. Dia sebagai youtuber paling kaya di Indonesia sekarang," lanjutnya.

Apalagi, tambahnya, dunia pariwisata di Belitung makin tumbuh tiap harinya. Hal ini harus ditangkap sebagai kesempatan bagi pemuda Belitung supaya bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Pemuda harus kreatif, inovatif, dan solutif. Bagaimana caranya supaya ide-ide yang ada dituangkan ke dalam wujud kreatif sehingga bisa ada nilai jual yang tinggi," ucap Adnizar.

Dinasnya juga memfasilitasi para pemuda mendapatkan pelatihan-pelatihan ke luar daerah seperti ke Bandung dan Jakarta. Pelatihan ini berupa penambahan skill, seperti perhotelan, mekanika, teknisi, hingga industri kreatif seperti pelatihan barista.

"Dengan pelatihan-pelatihan ini harapannya pemuda tidak lagi menunggu jadi karyawan tapi juga harusnya membantu menciptakan lowongan supaya pengangguran di Belitung makin sedikit," harapnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved