25 Anggota DPRD Kabupaten Belitung Periode 2019-2024 Dilantik

KETUA Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan, Hari Suprianto memimpin pengambilan sumpah dan janji 25 anggota DPRD Kab. Belitung masa bakti 2019-2024

25 Anggota DPRD Kabupaten Belitung Periode 2019-2024 Dilantik
ist/25 Anggota DPRD Kab. Belitung
25 Anggota DPRD Kabupaten Belitung Periode 2019-2024 Dilantik 

25 Anggota DPRD Kabupaten Belitung Periode 2019-2024 Dilantik

POSBELITUNG.CO - KETUA Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan, Hari Suprianto memimpin pengambilan sumpah dan janji 25 anggota DPRD Kabupaten Belitung masa bakti 2019-2024 pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Belitung, Senin (23/9).

Usai pengambilan sumpah dan janji, para anggota DPRD baru tersebut menandatangani berita acara pelantikan.

Sebelum pengambilan sumpah dan janji, digelar prosesi pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur Babel oleh Sekwan DPRD Kabupaten Belitung, Warsito mengenai pemberhentian dewan periode 2014-2019 dan pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Belitung masa jabatan 2019-2024.

Pengambilan sumpah dan janji ini disaksikan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H Abdul Fatah, Bupati Belitung, H Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Forkopimda Kabupaten Belitung dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Belitung sementara, Ansori dalam sambutannya memanjatkan puji syukur kehadirat Allah atas dilantiknya anggota DPRD Kabupaten Belitung masa bakti 2019-2024 ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Belitung dan aparat keamanan sehingga pemilu dapat berlangsungan dengan aman kemarin,” kata Ansori dalam sambutannya, Senin (23/9).

“Kami juga berterimakasih kepada masyarakat Belitung yang sudah berpartisipasi dalam memilih pada pemilu. Terima kasih kepada anggota DPRD periode 2014 -2019 dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat selama bertugas. Kami juga mengucapkan terimah kasih kepada jajaran KPU dan Bawaslu Kabupaten Belitung yang sudah membantu dalam penyelenggaraan pemilu,” tambahnya.
Menurut Ansori, tugas Ketua DPRD Kabupaten Belitung dalam hal ini yakni memimpin rapat, memfasilitasi fraksi-fraksi, menyusun tata tertib dan aturan-aturan, memfasilitasi ketua DPRD definitif, dan membahas APBD.

Dikatakannya, tugas ketua DPRD yakni menyusun fraksi-fraksi selanjutnya menyusun tata tertib DPRD, sementara untuk ketua defenitif masih menunggu surat keputusan dari Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Penyusunan fraksi ini diperkirakan dua tiga hari selesai dan tergantung dari usulan parpol masing-masing dan kemungkinan berbeda dari susunan yang periode sebelumnya,” kata Ansori.

Setelah itu akan dibahas tata tertib selama kurang lebih dua minggu lalu akan disusunkan apa yang kurang dan belum mengacu kepada peraturan kementerian dalam negeri (Kemendagri).

“Terus kami nunggu SK dari Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk ketua defentifi, baru kemudian setelah itu baru menyusun alat kelengkapan. Karena tugas ketua sementara hanya memfasilitasi pembentukan fraksi dan tatib saja,” katanya.
Ia berharap kepada anggota DPRD Kabupaten Belitung periode 2019-2024 selalu menjalin kebersamaan, serap aspirasi masyarakat dan bersinergi dengan pemerintah daerah untuk keberlangsungan perkembangan Belitung.

“Bersama-sama bersinergi dengan pemerintah daerah, masyarakat dan tokoh masyarakat yang ada di Belitung ini untuk kepentingan masyarakat. Salah tugas pokok DPRD itu menyerap aspirasi masyarakat, mengawasi, legeslasi dan anggaran,” ucapnya. (adv/r6)

Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved