MAKSI Ajarkan Petani Sawit dan Pengurus Koperasi Olah Hasil Sampingan

Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia mengadakan kegiatan aksi penguatan manajemen koperasi dan peningkatan kapasitas UMKM berbasis kelapa sawit.

POSBELITUNG.CO - Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) mengadakan kegiatan aksi penguatan manajemen koperasi dan peningkatan kapasitas UMKM berbasis kelapa sawit.

Acara yang diikuti penguru koperasi sawit ini diadakan di Hotel Havana, Tanjungpandan, Selasa (24/9/2019).

MAKSI turut menggandeng Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung.

"Ini hal yang baru, kami apresiasi dari MAKSI dan IPB untuk mengelola teknologi agar bisa memberikan nilai tambah bagi petani sawit," kata Kabid KUMKM Mula Samosir.

Melalui kegiatan ini, kata dia, petani sawit diharapkan bukan hanya menjual tandan buah segar (TBS), tapi juga diolah menjadi industri sehingga ada nilai tambahnya.

Program baru yang diadakan di Belitung, nanti narasumber akan menjelaskan bagaimana mengolah sesuatu dari sawit menjadi produk.

Sehingga turunan produk sawit bukan hanya CPO tapi juga ada produk lainnya yang berasal dari kulit sawit, tandan, dan bagian lainnya.

"Jadi dicoba membuat produk yang dikelola sampah atau limbah sawit. Ini dilakukan dalam rangka berupaya memberdayakan koperasi agar menampung, mengelola, dan memasarkan sawit dari masyarakat oleh koperasi," tuturnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved