Breaking News:

Tahapan Sensus Penduduk 2020 Dimulai, #MencatatIndonesia Digaungkan BPS Belitung Timur

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung Timur akan memulai tahapan-tahapan dalam rangka Sensus Penduduk 2020

Posbelitung.co/dok.pribadi
Kepala BPS Belitung Timur Azhar 

Tahapan Sensus Penduduk 2020 Dimulai, #MencatatIndonesia Digaungkan BPS Belitung Timur

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung Timur akan memulai tahapan-tahapan dalam rangka Sensus Penduduk 2020. Sensus kali ini mengangkat tema #MencatatIndonesia.

Kepala BPS Beltim Azhar mengatakan sensus 10 tahun sekali ini akan mulai dilaksanakan Februari 2020 hingga bulan Maret 2020.

Berbeda dari sebelumnya, sensus kali ini akan melakukan combine method, yakni penggabungan metode online dan metode manual atau tradisional.

"Pengubahan metode ini banyak manfaatnya. Seperti menekan biaya dan juga demi mengadaptasi ke perubahan komunitas yang cukup cepat. Kami akan siapkan sistem di mana nanti masyarakat bisa mengisi sendiri formulir sensus berdasarkan data dari KTP elektronik. Saat ini kita sedang dalam tahap pemetaan," kata Azhar kepada posbelitung.co di ruangannya, Jumat (27/9/2019).

Metode online ini, lanjut Azhar, akan banyak kendala di lapangan terutama orang-orang tua yang belum akrab dengan gawai. Karena itu, BPS Beltim akan gencar melakukan sosialisasi atas program ini. Kick-off dari penggaungan #MencatatIndonesia ini dilakukan bersamaan dengan Hari Statistik Nasional Rabu (26/9/2019) lalu.

Sosialisasi ini, lanjutnya, akan menggandeng desa-desa sampai ke dinas-dinas. Ia juga akan menentukan setiap RT ada 15 warga yang mengisi data kependudukannya secara mandiri.

Pihaknya menargetkan 25% penduduk terpenuhi dalam sensus dengan metode online ini, lebih tinggi tiga persen dari target nasional. Karena itu ia meminta kepada semua pihak bisa menyukseskan sensus penduduk ini.

Semakin tinggi angka partisipasi penduduk dalam metode sensus online maka semakin bagus. Kemudian sisanya akan dilakukan metode manual dengan mengerahkan 226 petugas pada bulan Juni 2020 yang akan dikerahkan ke 39 desa di Belitung Timur. Nantinya akan ada rekrutmen tersendiri dalam memilih petugas sensus ini.

"Kita berharap dukungan dari semua elemen, mulai pemda sampai ke masyarakat semuanya untuk menyukseskan sensus penduduk 2020," harapnya.

Sensus penduduk 2020 ini bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia. Tahapannya sendiri ada tujuh tahap yakni koordinasi dan konsolidasi, penyiapan basis data kependudukan, pendataan mandiri, penyusunan daftar penduduk, pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan, dan pencacahan lapangan.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Evan Saputra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved