WIKI Belitung

Landing di Bandara HAS Hanandjoeddin, Lokasi Wisata Ini yang Mudah Dikunjungi Wisatawan

Lokasi wisata ini adalah Danau Kaolin Belitung, dan menjadi lokasi wisata yang wajib untuk disinggahi saat liburan ke Belitung.

Landing di Bandara HAS Hanandjoeddin, Lokasi Wisata Ini yang Mudah Dikunjungi Wisatawan
Posbelitung/Disa Aryandi
Pengunjung menikmati keindahan Danau Kaolin, Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, yang dijadikan sebagai objek wisata. 

BANGKAPOS.COM-- Apabila ingin berlibur ke Negeri Laskar Pelangi, tentu sudah dipersiapkan secara matang dan jadwal untuk perjalanan sudah ditentukan, sehingga tidak bingung apa saja lokasi atau objek mana saja yang bakalan dituju oleh kalian.

Tentu khusus yang ingin berwisata ke Belitung, pasti di benak kalian tidak sabar lagi ingin melihat keindahan pantai yang memiliki pasir putih seperti kristal. Tapi tunggu dulu, sebelum menuju ke lokasi - lokasi wisata itu, ada objek wisata yang wajib kalian kunjungi.

Selepas pesawat landing di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung lokasi ini harus menjadi lokasi tujuan utama wisatawan. Lantaran tidak begitu jauh dari Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan dan akses jalan menuju lokasi ini sangat mulus.

Parkir kendaraan pengunjung di objek wisata Danau Kaolin Belitung
Parkir kendaraan pengunjung di objek wisata Danau Kaolin Belitung (Posbelitung/Disa Aryandi)

Lokasi wisata ini adalah Danau Kaolin Belitung, dan menjadi lokasi wisata yang wajib untuk disinggahi saat liburan ke Belitung. Walau pun tempat ini hanya sebuah kawasan bekas tambang kaolin, tapi banyak wisatawan yang merasa menyesal apabila tidak singgah.

Danau Kaolin atau kini sudah dikenal dengan sebutan danau biru ini, terletak di Jalan Murai, Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung. Apabila dari Bandara HAS Hanandjoeddian kalian cukup menempuh jarak sekitar 20 menit ke lokasi wisata ini dan bila dari pusat kota Tanjungpandan hanya butuh waktu 15 menit saja.

Nah disini, pelancong dapat menikmati pesona dari danau ini, baik di pagi hari, siang hari maupun sore hari. Tapi yang perlu di ingatkan apabila berkunjung ke danau kaolin ini, status lokasi ini masih berada kawasan izin usaha pertambangan (IUP).

Untuk itu perlu lebih berhati-hati, walaupun perusahaan tambang tersebut sudah membuat lokasi itu sebagai tempat tujuan wisata. Terutama yang harus di ingat, bahwa pengunjung sangat dilarang apabila ke bagian tengah kolong kaolin tersebut.

Keindahan Danau Kaolin, Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, yang dijadikan sebagai objek wisata.
Keindahan Danau Kaolin, Desa Aik Rayak, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, yang dijadikan sebagai objek wisata. (Posbelitung/Disa Aryandi)

Namun tidak perlu khawatir, perusahaan tersebut sudah memagari bagian pinggir area pertambangan itu dengan pagar kayu, sehingga ada batasan yang menjadi lokasi tujuan wisata pengunjung.

Dilarang ditinggalkan di tempat ini adalah sampah, walaupun masuk ke objek wisata ini gratis, tapi sampah tetap harus dibuang di tempat sampah yang sudah disediakan.

Selain itu di tempat ini tak boleh mengambil apapun kecuali foto dan video. Kalau kalian tidak mengambil foto dan video di lokasi ini, pasti nanti akan menyesal, sebab pemandanganya yang di dapat sangat mirip dengan kawah biru di Jawa Barat.

Ayoo..berkunjung ke objek wisata ini, walau hanya sebentar. Tapi ingat ya, jangan tinggalkan sampah di tempat ini, yang boleh d tinggalkan hanya jejak kaki saja. Terus jangan ambil apapun di tempat ini, kecuali foto dan video. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved