Polsek Tanjungpandan Amankan Pelaku Curat, Tiga Pelaku Masih DPO

Jajaran Unit Reskrim Polsek Tanjunpandan berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan berinisial GS (19).

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Evan Saputra
posbelitung.co/dede s
Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko menggelar konfrensi pers, Selasa (1/10/2019). (posbelitung.co/dede s) 

Polsek Tanjungpandan Amankan Pelaku Curat, Tiga Pelaku Masih DPO

POSBELITUNG.CO - Jajaran Unit Reskrim Polsek Tanjunpandan berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) berinisial GS (19).

Namun dari empat terduga pelaku, tiga di antaranya masih dalam proses pencarian dan sudah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polsek Tanjungpandan.

"Memang berdasarkan pengakuan pelaku, dia melakukan aksinya bersama tiga temannya. Kami sudah tetapkan dalam DPO dan satu diantaranya ternyata abang kandung pelaku sendiri," ujar Kapolsek Tanjungpandan AKP Agus Handoko SH saat menggelar konfrensi pers, Selasa (1/10/2019).

Ia mengatakan dari pelaku GS, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit laptop beserta kipas pendingan dan satu tas ransel.

Sedangkan barang bukti lain berupa sepatu dan jam tangan diduga masih dipegang pelaku lainnya.

Menurut Agus karena pelaku masih di bawah umur, maka penyidik Polsek Tanjungpandan akan meminta petunjuk dari Bapas dan pendampingan tim P2TP.

"Kami berlakukan Undang-Undang peradilan terhadap anak, karena pelaku masih di bawah umur. Namun berdasarkan bukti dan pengakuan, pelaku telah memenuhi unsur tindak pidana curat karena dilakukan bersama-sama di malam hari," ungkapnya.

Sementara itu, lanjut Agus, pelaku melakukan aksinya pada Sabtu (26/9/2019) pagi di sebuah rumah dinas Kantor Bea Cukai Tanjungpandan yang terletak di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Pelaku diduga memasuki rumah dengan cara mencongkel jendela belakang dan mengambil barang berupa laptop, kipas pendingin, tas ransel, sepatu dan jam tangan.

Kemudian, pasca mendapat laporan dari korban, jajaran Unit Reskrim Polsek Tanjungpandan langsung menuju lokasi dan melakukan olah TKP.

Berdasarkan keterangan saksi dan informasi dari masyarakat, pelaku berhasil diringkus pada hari yang sama tepatnya sekitar pukul 20.00 WIB.

"Pelaku kami amankan di tempat tongkrongannya di Jalan Pak Mangga, memang mereka ini sering pindah-pindah tempat nongkrong. Kalau motifnya untuk keperluan sehari-hari, cuman belum sempat dijual saja," ungkap Agus.

Atas kejadian tersebut, selaku Kapolsek Tanjungpandan dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih ketat mengawasi anak-anak ketika sedang nongkrong atau berkumpul.

Sementara itu, di sisi lain pihaknya terus meningkatkan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) dengan melakukan patroli setiap malam kamis dan minggu. (posbelitung.co/dede s).

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved