Berita Belitung

Azhar Pastikan Kasus Pembuang Sampah Sembarangan di Jalan Aik Baik Tidak Berlanjut

Kasus pembuangan sampah sembarangan di Jalan Aik Baik RT 02 Desa Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, tidak berlanjut

Azhar Pastikan Kasus Pembuang Sampah Sembarangan di Jalan Aik Baik Tidak Berlanjut
Posbelitung/Disa Aryandi
Azhar

BANGKAPOS.COM-- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kabupaten Belitung Azhar mengatakan, untuk kasus pembuangan sampah sembarangan di Jalan Aik Baik RT 02 Desa Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, tidak berlanjut.

Petugas hanya memberikan pembinaan saja kepada terlapor SY warga Jalan Bambang Utoyo, Kelurahan Kampong Damai tersebut. Pembinaan itu pula, sudah sepaham dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung.

"Pembinaannya, bahwa yang bersangkutan tidak boleh lagi memilah sampah di lokasi itu lagi. Jadi pengaduan kemarin, sebagai bentuk peringatan lah kepada terlapor itu," ungkap Azhar kepada posbelitung.co, kamis (3/10/2019).

Apabila SY ingin melakukan pemilahan sampah kedepan, menurutnya, dia harus melakukan pemilahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Sadai, sehingga tidak menimbulkan dampak kepada masyarakat, dari segi bau maupun yang lainnya.

"Memang yang bersangkutan ini berusaha dibidang pengelolaan sampah itu sudah lama. Yang melaporkan itu juga bukan orang lain sebetulnya, melainkan adik terlapor, mungkin juga mereka ada masalah pribadi juga yang kami tidak tau, jadi sekedar pemicu saja. Laporan itu juga sekarang sudah di cabut," jelas Azhar.

Pelaku pembuang sampah sembarangan di Jalan Aik Baik RT 02 Desa Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung berinisial SY, selasa (1/10/2019) secara langsung dilakukan pemeriksaan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung.

Warga Jalan Bambang Utoyo, Kelurahan Kampong Damai, Tanjungpandan itu dimintai keterangan diruangan Bidang Penegak Peraturan Daerah (Perda). Selama dimintai keterangan, pelaku ini menggunakan baju kaos warna biru dan celama jeans pendek serta menggunakan sandal jepit.

SY mengakui bahwa telah membuang sampah plastik bukan pada tempatnya, dengan menggunakan mobil pick-up warna hitam dan sudah dilakukan beberapa kali. Namun lelaki ini, tidak ingin di tuduh sebagai pelaku pembuang sampah sembarangan, lantaran lokasi tersebut dipergunakan olehnya hanya untuk memilah sampah plastik.

"Saya turunkan sampah disitu, terus kami pilah-pilah, mana yang bisa dijual dan mana yang tidak. Sisa yang tadi belum di angkut ke mobil memang, itu yang sisa tidak terpakai," kata SY, selasa (1/10/2019) dihadapan PPNS Satpol PP Belitung.

Sy bisa membawa dua mobil sampah ke lokasi itu setiap hari, dari dua mobil itu menjadi satu satu mobil tumpukan sampah setelah dilakukan pemilahan.

"Baru satu mobil tadi di angkut ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Gunung Sadai, nah yang satu tumpukan sisanya tadi belum. Rencana nanti akan dibuang lagi sampah itu, ya saya cuma numpang milah sampah saja disitu," ungkap SY

Ia tidak melalukan pemilahan sampah dirumah pribadinya, karena banyak masyarakat di seputaran rumahnya tersebut, sehingga memilih lokasi pinggir Jalan itu sebagai lokasi pemilahan.

"Kalau disitu kan agak jauh dari rumah warga," ucapnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved