Berita Belitung

Ingin Bawa Hewan ke Luar Daerah, Ini Prosedurnya

Bawa hewan keluar daerah harus membuat surat kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh Dinas Ketahana Pangan dan Pertanian, di Bidang Peternakan

Ingin Bawa Hewan ke Luar Daerah, Ini Prosedurnya
Posbelitung/Yuranda
Burung Murai yang akan dibuat surat kesehatan, Kamis (3/10/2019) di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO-- Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Suparman mengatakan membawa hewan keluar daerah harus membuat surat kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh Dinas Ketahana Pangan dan Pertanian, di Bidang Peternakan.

‎"Nantinya ketika lewat bandara atau pelabuhan, karantina tidak bisa mengeluarkan izin untuk membawa hewan tersebut, tanpa ada surat kesehatan hewan dari dinas," kata Suparman kepada Posbelitung, Kamis (3/9/2019).

Menurutnya, syarat pembuat surat kesehatan hewan harus dibawa unggas atau hewan dan fotocopy KTP pemilik. Jika hewannya dibawa dan diperiksa oleh dokter hewan yang ada di Belitung  hewan tersebut tidak sehat maka surat tersebut tidak terbitkan surat kesehatan.

"Kami takut ada penyakit yang menular ke hewan lain atau ke manusia, kalau dipaksakan dibawa melanggar peraturan dan secara teknis juga tidak bisa,"  jelas Suparman.

Adi warga jalan baru Tanjungpandan Kabupaten Belitung, saat ditemui posbelitung,com di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, mengaku ingin membuat surat kesehatan hewan, untuk mengikuti lomba kicau burung di luar pulau Belitung.

"Membuat surat kesehatan hewan. Burung ini akan ikut lomba di Pulau Bangka itu lah kami buat surat kesehatannya, supaya lancar di perjalanan dan tidak ada kendala lain," kata Adi.

Ia mengatakan, membawakan dua burung murai dan tiga burung lovebird, untuk mengikuti lomba pada minggu ini. Diakuinya, kalau cuma pengurus suara kesehatan dan surat karantina tidak rumit.

"Setelah dapat surat kesehatan kami di pelabuhan atau di bandara langsung diterbitkan surat karantinanya. Tanpa ada surat kesehatan tidak bisa di bawa keluar burung atau hewan tersebut," ucapnya.(Posbelitung.co/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved