Berita Belitung

Satpol PP Belitung Sudah Pertemukan Terlapor dan Pelapor Pembuang Sampah Sembarang, Ini Hasilnya

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kabupaten Belitung, Kamis (3/10/2019) sudah melakukan tindaklanjut terhadap pelaku pembuang sampah

Satpol PP Belitung Sudah Pertemukan Terlapor dan Pelapor Pembuang Sampah Sembarang, Ini Hasilnya
Posbelitung/Disa Aryandi
Azhar

POSBELITUNG.CO-- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) Kabupaten Belitung, Kamis (3/10/2019) sudah melakukan tindaklanjut terhadap pelaku pembuang sampah sembarangan di Jalan Aik Baik RT 02 Desa Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Kasat Pol PP Kabupaten Belitung Azhar mengatakan, sudah melakukan pemanggilan kembali kepada terlapor berinisial SY warga Jalan Bambang Utoyo, Kelurahan Kampong Damai itu dan pelapor Maisaroh warga setempat.

"Termasuk kami juga sudah memanggil pihak Lingkungan Hidup kemarin, dan setelah dilakukan pengecekan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan dilakikan penelitian, bahwa yang dilakukan terlapor ini bukan membuang sampah," kata Azhar kepada posbelitung.co, kamis (3/10/2019).

Menurutnya, yang dilakukan terlapor, yaitu memilah sampah di lokasi tersebut. Terlapor sudah menjadi lokasi tersebut tempat pemilihan sampah sejak lama.

"Jadi dia (terlapor) memgambil sampah dari rumah-rumah penduduk, terus di kumpulkan dan dibawa dia kesitu. Dicurahkan disitu, dipilah kan disitu," jelas Azhar.

Lanjut dia, yang masih memiliki nilai ekonomis diambil oleh terlapor, dan yang tidak memiliki nilai ekonomis dibuang ke TPA.

"Itu dibuktikan oleh terlapor dengan retribusi membuang sampah ke TPA," ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, selasa (2/10/2019) menerima satu laporan kasus pembuangan sampah sembarangan di Jalan Aik Baik, Desa Pelempang Jaya, Kecamatan Tanjungpandan.

Pelapor secara langsung datang ke Posko Satgas Lebah DLH Belitung. Setelah laporan tersebut diterima, petugas satgas lebah langsung melakukan pengecekan ke lokasi pembuangan sampah sembarangan tersebut.

"Iya laporan sudah kami terima, dan sudah kami mintai keterangan awal. Setelah itu baru kami limpah ke PPNS Satpol PP untuk di tindaklanjuti," kata Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada posbelitung.co, Selasa (1/10/2019).

Kata Edi Usdianto, kasus pembuangan sampah sembarangan ini, semula didapat informasi dari aduan pelapor melalui program besadu Pemerintah Kabupaten Belitung.

"Jadi dari situ, kami langsung kroscek ke lokasi dan langsung bertemu dengan pelapor dan terlapor. Setelah itu pelapor dan terlapor kami bawa ke posko pengaduan," ujarnya.

Sesuai dengan laporan, pelapor pada kasus pembuang sampah ini adalah Maisaroh warga Jalan Aik Baik RT 02, Desa Aik Pelempang Jaya dan terlapor berinisial SY warga Jalan Bambang Utoyo, Kelurahan Kampong Damai.
(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved