Berita Belitung

Dinilai Ganggu Kesehatan Warga dan Wisatawan, Debu Kaolin di Pusat Kota Tanjungpandan Jadi Sorotan

Debu kaolin yang bertebaran di Jalan Gegedek dan Jalan Siburik Barat Kelurahan Kota, Kecamatan Tanjungpandan

Dinilai Ganggu Kesehatan Warga dan Wisatawan, Debu Kaolin di Pusat Kota Tanjungpandan Jadi Sorotan
Posbelitung/Disa Aryandi
H Tare

POSBELITUNG.CO-- Debu kaolin yang bertebaran di Jalan Gegedek dan Jalan Siburik Barat Kelurahan Kota, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Jumat (4/10/2019) mendapat sorotan dari masyarakat.

Debu kaolin tersebut dinilai sudah menganggu aktivitas masyarakat maupun wisatawan yang melintas di jalan itu. Pasalnya jalan ini merupakan akses utama yang biasa digunakan oleh masyarakat, baik sebagai jalur pengendara umum maupun wisatawan.

"Ini tidak bisa dibiarkan, jangan sampai ini berkelanjutan. Ini pusat Kota Tanjungpandan, kalau dibiarkan bisa ke bablasan, ini jalur utama loh tidak bisa dibiarkan," ungkap H Muchtar Motong (Tare) kepada posbelitung.co, Jumat (4/10/2019).

Debu kaolin ini, muncul dari kendaraan truk fuso alias truk besar yang membawa kaolin dengan tujuan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Tanjungpandan. Truk fuso tersebut baru beraktivitas dua hari belakangan membawa kaolin ke Pelabuhan Tanjungpandan.

"Saya dua hari lihat truk itu bolak-balik. Ini sangat menganggu sekali dan saya sudah pernah lihat truk itu membawa kaolin sampai malam, itu malam kemarin (malam rabu)," ujarnya.

Ia meminta, kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung harus tegas dalam menanggapi permasalahan ini, lantaran dampak dari debu kaolin tersebut sangat menganggu aktivitas masyarakat.

"Apalagi dibagian persimpangan itu banyak wisatawan nongkrong di Kong Djie, ini yang akan membuat dampak buruk bagi Belitung. Nah ini tidak bisa dibiarkan," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved