260 UMKM Belitung Akan Berlebel Halal, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Kepala Bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Mula Samosir

260 UMKM Belitung Akan Berlebel Halal, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi
Posbelitung.co /Yuranda
Kepala Bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Mula Samosir, di Ruang kerjanya, Beberapa Waktu lalu. 

260 UMKM Belitung Akan Berlebel Halal, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- ‎ ‎Kepala Bidang Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung Mula Samosir, mengatakan sebanyak 230 UMKM Belitung yang akan berlebel halal.

Ia menambahkan hal ini dilakukan guna untuk meningkatkan akses pasar, karena pasar umkm Belitung 80 persen didominasi, wisatawan domestik dan manca negara.

"Kami akan fasilitaskan untuk lebel halal tersebut. Program kami akhir tahun ini akan mendambakan 30 umkm layak halal, jadi setiap tahun kami fasilitas dan target untuk tahun depan ada 1000 umkm berlebel halal, " kata Mula, Sabtu (5/10/2019).

Lanjutnya, lebih diutama produk olaha dan kuliner, yang keharusan berlebel halal. Adapun syarat harus dipenuhi pelaku umkm harus ada usaha, dan sudah mempunyai surat layak higenis Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT), dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung.

"Sebelum dihalalkan ada lengkapi dulu persyaratannya, dan kami juga kerja sama dengan LPPOM MUI. LPPOM MUI sebagai Auditornya, dan akan di fatwa oleh MUI baru diterbitkan sertifikasi halal," ucapnya.

Tambahnya, jadi bertahap dan di fasilitasi. Pihaknya akan menghimbau, bagi pelaku usaha yang sudah siap mandiri, silakan secara mandiri. Ia berharap bagaimana produk-produk umkm Belitung agar semuanya layak halal.

5 Produk UKM Siap Ekspor Ke Malaysia

Mula Samosir, mengatakan sebanyak lima jenis produk pengelolaan hasil laut akan di ekspor pada bulan desember 2019 mendatang.

"Lima (5) jenis produk tersebut, sudah siap di ekspor ke Malaysia. Produk umkm yang ingin mengekspor produknya ke luar negeri harus kami seleksi terlebih dahulu," kata Mula.

Halaman
12
Penulis: Yuranda
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved