Keanehan Dari Insiden Kecelakaan Marquez di FP1 MotoGP Thailand, Mirip Lorenzo Tahun Lalu

Dilihat foto seusai kecelakaan, ada hal mencurigakan saat swing arm karbon Marc Marquez terlihat hancur, dengan pelek tanpa ban

Keanehan Dari Insiden Kecelakaan Marquez di FP1 MotoGP Thailand, Mirip Lorenzo Tahun Lalu
Foto: Instagram Marc Marquez
Marc Marquez Kecelakaan di FP1 GP Thailand 2019 

POSBELITUNG.CO - Masih belum ada pernyataan jelas soal penyebab Marc Marquez mengalami kecelakaan saat sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Thailand, Jumat (4/10/2019).

Dari tayangan ulang, Marc Marquez mengalami kecelakaan ketika melaju di tikungan ketujuh usai dari paddock.

Sudah ada beberapa pendapat soal penyebab kecelakaan yang dialami Marc Marquez.

//

Dilihat foto seusai kecelakaan, ada hal mencurigakan saat swing arm karbon Marc Marquez terlihat hancur dengan pelek "telanjang" tanpa ban yang sudah pecah.

Beberapa pihak menyebut ban berkompon lunak (soft) yang dipakai Marc Marquez masih terlalu dingin saat dipakai melaju saat terjadinya kecelakaan. Ban yang dingin itu membuat grip lemah dan akhirnya terjadi kecelakaan.

 

Marc Marquez hendak dibawa ke rumah sakit seusai kecelakaan di MotoGP Thailand, Jumat (4/10/2019). Marc Marquez Tak Bernapas 5 Detik karena Crash saat Latihan Bebas di MotoGP Thailand.
Marc Marquez hendak dibawa ke rumah sakit seusai kecelakaan di MotoGP Thailand, Jumat (4/10/2019). Marc Marquez Tak Bernapas 5 Detik karena Crash saat Latihan Bebas di MotoGP Thailand. (TWITTER MOTOGP)
//

Sementara itu, bos tim Repsol Honda, Alberto Puig, memberi pernyataan sekilas soal insiden tersebut.

Motomatters mengungkap, Alberto Puig mengatakan ke jurnalis penyebab kecelakaan yang dialami Marc Marquez.

Laporan tersebut menyebut kemungkinan besar karena Marquez sempat keluar sedikit dari line dan berada di bagian licin dari trek.

Ban masih belum pada suhu terbaik, Marquez memang tidak cepat, tetapi berada di area buruk di trek dan itu cukup untuk membuatnya kecelakaan.

Pernyataan Puig tidak sepenuhnya dipercaya, seperti ada yang disembunyikan.

Hal tidak biasa juga terjadi saat Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge langsung menginvestigasi ke garasi tim Repsol Honda.

Hal itu menandakan ini bukan kecelakaan biasa, tetapi ada penyebab lain yang harus didalami.

Jurnalis Motorlunews yang menanggapi pernyataan Motomatters mengungkap, ada yang aneh dari tayangan ulang.

 

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan bawah) terlihat kesakitan seusai mengalami crash pada sesi latihan (FP1) MotoGP Thailand 2019 Jumat (4/10/2019)
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan bawah) terlihat kesakitan seusai mengalami crash pada sesi latihan (FP1) MotoGP Thailand 2019 Jumat (4/10/2019) (TWITTER.COM/MOTOGP)

Bukan ban dingin, ataupun keluar line lalu melaju area kotor yang membuat Marc Marquez kecelakaan, tetapi ada masalah teknis saat mesin motor disebut bersuara aneh lalu tiba-tiba mati.

Mesin yang mati langsung mengunci ban belakang dan menimbulkan "high side crash".

Ada masalah elektronik atau mesin yang membuat Marc Marquez kecelakaan. Jika benar, kejadian ini mirip dengan yang terjadi dengan rekan Marc Marquez, Jorge Lorenzo, tahun lalu.

Ketika itu, Lorenzo masih bergabung di tim Ducati. Di tempat yang sama, Buriram, di MotoGP Thailand tahun lalu, mesin Ducati Desmosedici GP18 Jorge Lorenzo tiba-tiba mati secara aneh dan membuatnya kecelakaan.

Kecelakaan yang dialami Lorenzo waktu itu cukup parah dan membuat Lorenzo absen beberapa balapan di MotoGP 2018.

Marc Marquez Justru Marah Saat Dibawa ke Rumah Sakit

Direktur Tim medis MotoGP, Dr. Angel Charte mengungkapkan, Marc Marquez sempat emosional karena harus dilarikan ke rumah sakit usai mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas 1/FP1 MotoGP Thailand 2019.

Pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez mengalami kecelakaan hebat pada sesi FP1 MotoGP Thailand 2019 yang digelar di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand, Jumat (4/10/2019).

Rider berjulukan The Baby Alien tersebut terjatuh saat tengah melaju kencang guna memburu catatan waktunya bersama tunggangannya, RC213V di tikungan 7.

Marc Marquez tergelincir hingga ke area gravel sementara motor yang dia tunggangi terpelanting beberapa kali hingga membuat roda belakangnya terlepas.

Untuk bisa kembali berdiri, Marc Maquez membutuhkan bantuan dari para stedward sebelum akhirnya dia harus dilarikan ke Medical Center untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Pembalap berusia 26 tahun tersebut mendapatkan perawatan setelah mengeluh sakit pada bagian bawahm pinggul kanan, dan kaki kiri.

"Yang mengejutkan dari kejadian tersebut adalah, jika dia tipikal pembalap yang mampu bangkit usai mengalami kecelakaan, tapi kali ini dia tak mampu," kata Dr. Angel Charte, dilansir BolaSport.com dari Marca.

Marc Marquez terlempar dari motornya di sesi FP1 MotoGP Thailand 2019 (4/10).
Marc Marquez terlempar dari motornya di sesi FP1 MotoGP Thailand 2019 (4/10). (Twitter/MarcMarquez93)

 

"Penyebabnya adalah dia sulit bernapas, saat di Medical Center, kami melakukan monitor dan dia sempat stabil begitu juga pernapasan dan detak jantungnya yang telah 100 persen," sambung Charte.

Akhirnya, untuk memastikan tak ada tulang yang retak rekan satu tim Jorge Lorenzo itu dibawa ke rumah sakit setempat guna mendapatkan scan MRI.

lebih jauh lagi, dia membeberkan kondisi mental Marc Marquez yang sempat emosional dan marah tatkala harus dilarikan ke rumah sakit.

"Status mental Marc? secara emosional dia marah kepada saya karena saya tidak membiarkannya keluar, saya membawanya ke Rumah Sakit Buriram, tapi beginilah karakter seorang juara," jelasnya lagi.

Charte mengaku tak percaya jika Marc Marquez mampu selamat dan berhasil lolos dari cedera parah setelah mengalami kejadian nahas tersebut.

"Apa yang dilakukan oleh para rider ini sungguh tak bisa dijelaskan secara logis,' tambahnya lagi.

"Sebagai pembalap, fisik Marquez dipersiapkan dengan sangat baik, jika tidak 100 persen fit, mentalnya yang 99 persen fit," kata Dr.Angel Charte mengakhiri.

Pembalap berusia 26 tahun tersebut dinyatakan fit dan sudah bisa kembali tampil tatkala melakoni sesi FP2 MotoGP Thailand 2019.

Pada sesi tersebut, Marc Marquez harus puas berada di posisi keenam sebagai pembalap tercepat usai membukukan waktu putarannya dengan 1 menit 30,891 detik.

Disebut Beruntung

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan bahwa kondisi Marc Marquez baik-baik saja usai mengalami crash pada FP1 MotoGP Thailand 2019.

Insiden horor terjadi pada sesi latihan pertama alias FP1 MotoGP Thailand yang berlangsung Jumat (4/10/2019) siang ini.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, terjatuh saat melintasi Tikungan 7 ketika sesi FP1 menyisakan beberapa menit.

Pembalap asal Spanyol itupun terlihat mengalami kesakitan dan harus dibantu oleh marshal untuk meninggalkan sirkuit.

Sementara itu, motor Honda RC213V yang ditunggangi Marquez mengalami kerusakan parah.

Guna memperoleh penanganan lebih lanjut, Marquez pun dilarikan ke rumah sakit. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut dikabarkan mengalami cedera pada kaki kiri dan punggungnya.

Beberapa saat yang lalu, manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, memberikan pernyataan resmi mengenai kondisi terkini Marc Marquez.

"Anda sekalian melihat bahwa Marquez jatuh dengan hebat di Tikungan 7," ujar Puig sebagaimana dikutip Bolasport.com dari Speedweek.

"Dirinya telah menjalani perawatan di pos kesehatan dan kemudian dilarikan ke rumah sakit. Beruntung, dia baik-baik saja."

"Marquez sudah menjalani MRI di sana, dan semuanya kelihatan oke. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hari ini kami sedang beruntung," tuturnya menjelaskan.

Puig juga mengonfirmasi bahwa juara bertahan MotoGP tersebut hanya menderita beberapa memar di bagian kaki kiri dan punggung.

Selanjutnya, Puig menerangkan apa yang menjadi penyebab insiden yang dialami Marquez tadi menurut pandangannya.

"Marc melaju terlalu melebar saat itu, dan sepertinya ban belakang motornya sedikit menginjak pasir. Itulah yang kemudian membuatnya tergelincir dan jatuh," tutur Puig.

"Saya pikir mungkin itulah yang terjadi. Soalnya, Marc tidak memacu motornya terlalu cepat saat itu, sehingga suhu ban belakangnya sudah cukup," lanjutnya.

Seperti diketahui, Marquez menggunakan ban belakang tipe lunak, yang akan mudah kehilangan cengkeraman jika motor digeber terlalu kencang.

Mengenai kemungkinan Marquez melanjutkan sesi latihan, pria asal Spanyol tersebut berujar:

"Ya, kami akan tetap pada rencana kami. Marc akan menjalani perawatan - mungkin akan dipijat juga. Selanjutnya, dia akan tetap melanjutkan apa yang menjadi program kami," tuturnya optimistis.

Rangkaian MotoGP Thailand hari pertama akan berlanjut dengan sesi latihan kedua (FP2) yang akan dimulai pada pukul 14.10 WIB.

Sementara sesi balapan baru akan digelar di Sirkuit Buriram pada Minggu (6/10/2019) pada pukul 14.00 WIB.

Kronologi Crash

Diberitakan, nahas dialami oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, kala melakoni sesi latihan pertama (FP 1) MotoGP Thailand, Jumat (4/10/2019).

Juara bertahan MotoGP tersebut datang ke Sirkuit Buriram dengan kepercayaan diri tinggi seusai berjaya pada seri balapan di San Marino dan Aragon.

Marquez pun berpeluang menyegel gelar juara dunianya yang keenam di kelas utama pada rangkaian MotoGP Thailand yang berlangsung akhir pekan ini.

Namun, segala harapan tersebut buyar ketika pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut harus mengalami insiden saat sedang melakoni FP1 siang ini.

 

Marquez sebenarnya mengawali sesi latihan dengan cukup baik. Seperti diberitakan oleh Bolasport.com sebelumnya, pembalap asal Spanyol ini langsung menggebrak dan mencatat waktu lap tercepat.

Hingga hampir 30 menit, posisi Marquez sebagai pembalap tercepat belum tergoyahkan.

Dirinya justru mampu mempertajam catatan waktu putarannya menjadi 1 menit 31,187 detik.

Marquez pun menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya bakal kembali menjalani akhir pekan yang baik. Pasalnya, hingga sesi FP1 menyisakan 10 menit, catatannya masih tak terkejar oleh rider lain.

Namun, petaka justru menghampiri Marquez memasuki menit ke-40 atau sekitar 5 menit sebelum sesi berakhir.

Pembalap Spanyol tersebut terjatuh di tikungan 7 dan motornya ringsek.

Dirinya pun tertangkap kamera sempat berlutut beberapa saat sambil menahan sakit setelah mengalami insiden tersebut.

Dengan ditolong oleh marshal, Marquez akhirnya mampu meninggalkan lintasan dan dinaikkan ke mobil ambulans.

Marquez pun dilarikan ke rumah sakit terdekat. Informasi terakhir mengabarkan bahwa dirinya mengalami cedera pada kaki kiri dan punggungnya.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi terkait penyebab kecelakaan tersebut.

Sekalipun mengalami crash, catatan waktu yang ditorehkan Marquez tetap dipakai. Dirinya akhirnya bertengger di posisi 3, di bawah Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)

Nasib motor Marquez tak semujur penunggangnya. RC213V yang ditumpangi Marquez kelihatan rusak berat.

Bahkan, ban belakang motor Marquez terlihat hancur.

Keikutsertaan Marquez dalam lanjutan sesi latihan kedua (FP2) yang akan digelar siang ini pukul 14.10 WIB pun masih berupa tanda tanya besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Insiden Aneh Marquez di FP1 MotoGP Thailand, Mirip Lorenzo Tahun Lalu"

Editor: rusmiadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved