Berita Belitung

Kemarau, Pemkab Belitung Jalankan Operasi Bagi Air Bersih Jelang Peresmian Program PUKAT

Pemkab Belitung telah melakukan upaya pembagian dan distribusi air bersih dengan mobil tangki menuju desa tepatnya rumah ibadah.

Kemarau, Pemkab Belitung Jalankan Operasi Bagi Air Bersih Jelang Peresmian Program PUKAT
IST/dok UPT PAM
Operasi pembagian air bersih di Desa Air Seruk yang dilakukan UPT PAM Dinas PUPR. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Musim kemarau yang masih melanda Kabupaten Belitung semenjak tiga bulan belakangan kian menguras sumber bersih masyarakat.

Melihat kondisi tersebut, Pemkab Belitung telah melakukan upaya pembagian dan distribusi air bersih dengan mobil tangki menuju desa tepatnya rumah ibadah.

Pembagian tersebut telah terjadwal di setiap desa yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR).

"Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Bupati dan Wakil Bupati terdapat salah satu program inovasi daerah yaitu Program Air Bersih Untuk Masyarakat (PUKAT). Sembari menanti peresmian, maka pemda menugaskan PUPR melakukan pembagian dan distribusi air bersih melalui mobil tanki ke desa atau rumah ibadah sesuai jadwal," ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie kepada posbelitung.co, Minggu (6/10/2019).

Ia mengatakan, dalam persiapan program PUKAT yang akan diresmikan tahun ini juga, DPUPR juga melakukan pemasangan keran jaringan air di depan rumah Ketua RY dan rumah ibadah.

Nantinya, petugas yang ditunjuk akan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat mengenai titik-titik pemasangan keran tersebut.

"Mengapa demikian, karena RT masing-masing harus punya tempat mengambil air termasuk ketersediaan air di rumah ibadah untuk kepentingan ibadah dan masyarakat sekitar. Nanti bagi masyarakat yang mau ngambil air atas seijin pengurus rumah ibadah, ini akan dikoordinasikan oleh kades," ungkapnya.

Kemudian sebagai program percontohan pemda telah menunjuk Desa Sungai Padang.

Sementara itu, di sisi lain Pemda juga tengah menginventarisasi masalah yang dihadapi SPAM di beberapa wilayah kecamatan.

"Nanti kami cek apa saja hambatan dan solusinya agar di tahun 2020 masalah kekurangan air bersih ini secara garis besar bisa teratasi," kata Isyak.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved