Berita Belitung

Bahas Masalah Debu Kaolin, DLH Belitung Tuntut Komitmen PT Alter Abadi Patuhi Dokumen Lingkungan

Pertemuan itu dilaksanakan di ruang rapat DLH Kabupaten Belitung untuk membahas mengenai debu yang disebabkan truk-truk pengangkut kaolin

Bahas Masalah Debu Kaolin, DLH Belitung Tuntut Komitmen PT Alter Abadi Patuhi Dokumen Lingkungan
Posbelitung/Disa Aryandi
Suasana pertemuan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, senin (7/10/2019) dengan PT Alter Abadi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Perusahaan Tambang Kaolin, PT Alter Abadi yang menyebabkan debu di pusat-pusat Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Senin (7/10/2019)  memenuhi panggilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung.

Pertemuan itu dilaksanakan di ruang rapat DLH Kabupaten Belitung  untuk membahas mengenai debu yang disebabkan truk-truk pengangkut kaolin melewati jalan di Tanjungpandan.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto. Ada tiga orang dari pihak manajemen perusahaan tambang tersebut, yang hadir mengikuti rapat  beragendakan klarifikasi atau memintai keterangan atas dampak debu ini.

Hasil rapat ini, DLH meminta komitmen pihak PT Alter Abadi agar memenuhi komitmen mereka sesuai dengan dokumen lingkungan. Diantara komitmen ini, menutup bagian bak mobil pengangkut kaolin tersebut, baik ketika membawa material tambang maupun dalam keadaan kosong.

"Memang ada yang mereka langgar sesuai dokumen lingkungan, dan kami sudah meminta komitmen mereka, agar setiap beraktivitas untuk menutup bagian bak dengan terpal,"  jelas Edi Usdianto yang biasa disapa Edu, kepada posbelitung.co, senin (7/10/2019).

Pihaknya meminta kepada PT Alter Abadi untuk menjaga kebersihan selama pengangkutan material tambang tersebut ke Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Tanjungpandan.

"Jadi ini mereka baru ekspor perdana, dan tahap pertama ini sampai hari Rabu untuk mengisi muatan tongkang. Nah tahap pertama ini kami minta kepada mereka, agar setelah selesai dan melakukan pengiriman dari Pelabuhan, keluar dari pelabuhan mobilnya untuk dibersihkan," kata Edu. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved