Berita Belitung

Pantau Pengangkutan Kaolin di Pelindo II Tanjungpandan, DLH Belitung Tempatkan Petugas

DLH Belitung melakukan pemantauan terhadap aktivitas pengangkutan kaolin oleh PT Alter Abadi yang menggunakan jalan di pusat Kota Tanjungpandan

Pantau Pengangkutan Kaolin di Pelindo II Tanjungpandan, DLH Belitung Tempatkan Petugas
Posbelitung/Disa Aryandi
Edi Usdianto 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan, tetap melakukan pemantauan terhadap aktivitas pengangkutan kaolin oleh PT Alter Abadi yang menggunakan jalan di pusat Kota Tanjungpandan.

Pemantauan tersebut akan dilakukan, dengan menempatkan petugas kebersihan di area PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Tanjungpandan. Pengawasan tersebut sebagai bentuk, agar perusahaan ini tidak mengulangi lagi kegiatan yang bisa membuat keresehan masyarakat.

Terutama terkait dampak lingkungan, yang kini sudah menjadi sorotan di media sosial maupun sorotan publik.

"Kami akan menempatkan petugas kami di pelabuhan, kami akan awasi terus. Kami tidak mau kejadian ini terulang lagi, terutama seperti tadi subuh (mengangkut kaolin secara diam-diam--red)," ungkap Edi Usdianto yang akrab disapa Edu kepada posbelitung.co, Senin (7/10/2019).

Petugas tersebut ditempatkan di area PT Pelindo II Tanjungpandan, hingga hari Rabu karena perusahaan itu akan melakukan ekspor perdana dan memuat kaolin ke tongkang, hingga hari Rabu nanti.

"Sampai hari Rabu petugas itu akan standby di pelabuhan, ada dua petugas nanti yang kami tempatkan disitu. Apabila ada yang ditemukan dari pelanggaran dampak lingkungan lagi, maka akan kami berikan surat teguran ke dua kalinya," tegas Edu.

Menurutnya,l yang menjadi pengawasan adalah kebersihan dari mobil truk pengangkut kaolin tersebut, dan mengawasi agar material tambang tidak tercecer di sepanjang jalan.

"Jangan sampai ini terjadi kesekian kalinya. Ya acuan kami ke perusahaan adalah dokumen lingkungan. Jadi apa-apa yang harus dilakukan kegiatan oleh perusahaan tersebut harus sesuai dengan peraturan," kata Edu. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved