Berita Belitung

Truk Tronton Lewat Pusat Kota Tanjungpandan dan Timbulkan Keluhan Warga, Ketua DPRD Ingatkan Hal Ini

Truk Tronton beraktivitas tengah malam melewati pusat kota Tanjungpandan dengan membawa muatan material tambang berjenis kaolin.

Truk Tronton Lewat Pusat Kota Tanjungpandan dan Timbulkan Keluhan Warga, Ketua DPRD Ingatkan Hal Ini
posbelitung.co/Disa Aryandi
Ansori. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori, senin (7/10/2019) angkat bicara terkait keluhan warga tentang aktivitas penggunaan truk tronton atau truk besar yang melewati pusat Kota Tanjungpandan.

Lantaran truk tersebut dari informasi yang beredar sempat kembali beraktivitas tengah malam melewati pusat kota Tanjungpandan dengan membawa muatan material tambang berjenis kaolin.

Padahal PT Pelabuhan Indonesoa (Pelindo) II Tanjungpandan, sebelumnya sudah memberikan teguran kepada perusahaan tambang agar mengganti kapasitas mobil yang digunakan ini.

"Kemarin kami sudah minta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk memanggil perusahaan itu. Kalau misalkan mereka (perusahaan tambang) itu tidak mengindahkan itu. Kami yang akan melakukan pemanggilan," kata Ansori kepada posbelitung.co, senin (7/10/2019).

DPRD Belitung meminta kepada Pemerintah Daerah Belitung untuk melakukan pengkajian terhadap dampak lingkungan, dari aktivitas pengangkutan tambang kaolin. Lantaran menimbulkan debu sepanjang Jalan Sriwijaya, Jalan Gegedek dan Jalan Siburik.

"Karena ini sudah jelas, merugikan masyarakat dan juga wisatawan. Kalau misalkan mereka jalan subuh atau tengah malam, kami akan panggil nanti," ujarnya.

Seharusnya mobil truk beroperasi sesuai dengan peraturan daerah tidak boleh lagi melewati pusat kota Tanjungpandan.

"Mobil itu memang tidak boleh lagi lewat kota, dan harus ada pengkajian perizinan tambang serta penjualannya, karena memang dampak nya luar biasa kalau terus dibiarkan," pungkasnya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved