Tim Kejati Tangkap Mantan Kepala Dinas ESDM Babel Saat Makan Malam di Restoran

Suranto Wibowo ditangkap saat sedang makan malam di sebuah restoran di Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada Senin (7/10/2019) malam.

Tim Kejati Tangkap Mantan Kepala Dinas ESDM Babel Saat Makan Malam di Restoran
Istimewa/kejati-babel.go.id
Tersangka Suranto Wibowo hendak turun dari mobil tahanan gedung Pidsus Kejati Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung menangkap mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi setempat, Suranto Wibowo tersangka kasus dugaan korupsi proyek penerangan jalan umum "solar cell" senilai Rp2,9 miliar.

Kajati Bangka Belitung, Aditia Warman di Pangkalpinang, Selasa (8/10/2019), mengatakan Suranto Wibowo ditangkap saat sedang makan malam di sebuah restoran di Cisarua, Bogor, Jawa Barat pada Senin (7/10/2019) malam.

"Sebelumnya kami telah memberikan kesempatan untuk berobat, namun karena dinilai tidak kooperatif maka dia kami tangkap," katanya.

Tersangka atas dugaan korupsi proyek pengadaan "solar cell" di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur tersebut ditangkap berkat kerja sama antara penyidik Pidsus Kejati dengan tim Intelijen Kejaksaan Agung.

Kasi Penkum Kejati Babel, Roy Arland mengatakan saat ini Suranto Wibowo masih menjalani pemeriksaan sebagai tersangka, karena sejak ditetapkan sebagai tersangka belum pernah dilakukan pemeriksaan.

"Sebelumnya kami telah melakukan pemanggilan untuk pemeriksaan sebagai tersangka, namun setiap dipanggil untuk diperiksa sampai ketiga kalinya, dia tidak pernah hadir, tindakan tersebut dinilai tidak kooperatif," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka akan langsung dititipkan ke Lembaga Pemasyarakatan Tuatunu menyusul dua tersangka lainnya dalam kasus yang sama.

"Sementara untuk pelimpahan berkas ke pengadilan akan kami lakukan secepatnya," katanya.

Dalam kasus dugaan korupsi PJU Solar Cell Belitung dan Belitung Timur, penyidik telah menetapkan tiga orang tersangka, yaitu Candra selaku pelaksana kegiatan, Hidayat Dirut PT Nicko Pratama Mandiri dan Suranto Wibowo selaku mantan Kadis ESDM sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Kejati Babel juga sebelumnya telah menahan dua tersangka, yaitu Candra selaku pelaksana kegiatan dan Hidayat selaku pihak kontraktor.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved