Berita Belitung

Dua Negara Ini Bakal Jadi Tujuan Ekspor Produk UMKM Belitung

Beragam upaya agar mewujudkan ekspor produk UMKM seperti koordinasi dengan kepabeanan agar kepengurusan ekspor lebih mudah.

Dua Negara Ini Bakal Jadi Tujuan Ekspor Produk UMKM Belitung
posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Produk pangan olahan laut yang dijual di Toko Oleh-oleh Keluarga OK di Jalan Pattimura, Tanjungpandan beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ekspor barang bisa dilakukan tak hanya pada partai besar, namun bisa dilakukan perorangan. Dengan begitu ada kemudahan terutama bagi pelaku UMKM yang ingin memasuki pasar global.

"Kami mencoba produk UKM masuk global, akan perdanakan Desember," kata Kabid KUMKM Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir, Rabu (9/10/2019).

Menurutnya ada beberapa negara yang akan menjadi tujuan ekspor. Misalnya Rusia yang akan menjadi sasaran buat komoditi tempat seperti lada, juga Malaysia yang akan menjadi sasaran bagi produk pangan olahan laut.

Didukung dengan transportasi ke Malaysia yang kini bisa sekali jalan, tentunya akan semakin mempermudah pengiriman produk.

"Jadi kami coba terus membina UMKM, lalu masing-masing akan didorong ekspor. Izin-izin juga disiapkan sesuai permintaan negara tujuan. Dua tiga bulan sedang evaluasi produk, dicoba empat produk yang memiliki daya saing dan unggul serta memiliki kemampuan produksi," jelasnya.

Pihaknya pun telah melakukan beragam upaya agar mewujudkan ekspor produk UMKM seperti koordinasi dengan kepabeanan agar kepengurusan ekspor lebih mudah. Juga bekerjasama dengan LPEI Indonesia Eximbank.

(posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved