Berita Belitung

Harga Lada Belitung Turun Jadi Rp 43.000 per Kg, Dinas KUMKM Dorong UMKM Ekspor Lada

Sabtu lalu saat memonitor di Desa Membalong, petani mengatakan kini harga jual lada Rp 43.000 per kilogram.

Harga Lada Belitung Turun Jadi Rp 43.000 per Kg, Dinas KUMKM Dorong UMKM Ekspor Lada
posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid KUMKM Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir, Rabu (9/10/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kabid KUMKM Dinas KUMKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir mengatakan pihaknya sempat memantau petani lada.

Ia pun turut prihatin melihat harga lada yang semakin menurun. Bahkan Sabtu lalu saat memonitor di Desa Membalong, petani mengatakan kini harga jual lada Rp 43.000 per kilogram.

"Kami berupaya bagaimana mengangkat harga lada agar masuk pasar global. Sekarang penjajakan-penjajakan ke berbagai instansi terkait," katanya, Rabu (9/10/2019).

Beberapa waktu lalu Kementerian KUMKM juga sempat membawa pemilik usaha produk lada Belitung ke Moskow, Rusia dalam event promosi komoditi rempah.

Pada event tersebut, ternyata lada Belitung digemari. Melalui peluang inilah pihaknya bergegas dengan menggandeng lembaga pembiayaan ekspor Indonesia (LPEI) Indonesia Eximbank agar bisa membantu ekspor ke negara tujuan.

Bahkan Duta Besar Indonesia untuk Rusia akan membantu mempertemukan kepada calon buyer atau pembeli.

Pihaknya pun telah mengoordinasikan dengan Kementerian Perdagangan, lalu saat ini rencananya pelaku bisnis ekspor masih membuat proposal penawaran calon buyer.

"Teknis di lapangan apabila sudah siap, buyer menyepakati ke calon eksportir akan segera kami lakukan sesuai tupoksi kami. Koperasi di desa berperan sebagai pengepul lada sehingga akan dibuat perjanjian kerjasama (PKS)," lanjutnya.

Kemudian, LPEI Indonesia Eximbank akan membantu sampai pada jaminan asuransi. Perbankan pun sudah siap mendukung pembiayaan.

"Kami garap semua, tidak ada jalan lain kalau tidak ada upaya harga lada akan tetap seperti itu. Daerah Belitung mencoba berupaya bagaimana agar komoditi lada dikelola masyarakat akan dikuatkan sebagai kekuatan koperasi," tegas Mula.

(posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved