Ibu Hamil Mesti Waspadai Infeksi Saluran Kemih Seperti Dialami Artis Irish Bella

"Itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas," kata Gatot saat ditemui di Rumah Sakit Harapan Kita, Grogol, Jakarta Barat, Senin (7/10/2019).

Ibu Hamil Mesti Waspadai Infeksi Saluran Kemih Seperti Dialami Artis Irish Bella
Instagram/@ammarzoni/@_irishbella
Bayi kembar di dalam kandungan Irish Bella meninggal dunia pada Minggu (6/9/2019). 

POSBELITUNG.CO – Dunia entertainment sedang berduka. Bayi kembar Irish Bella dan suaminya Ammar Zonni meninggal dunia pada usia 27 pekan.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal, Dokter Gatot Abdurrazak yang menangani Irish Bella, mengatakan bahwa salah satu janin bintang sinetron Cinta Suci ini mengalami kondisi Twin-to-twin Transfusion Syndrome (TTTS).

"Itu akibat dari sebagian plasenta yang lepas," kata Gatot saat ditemui di Rumah Sakit Harapan Kita, Grogol, Jakarta Barat, Senin (7/10/2019).

Sebelumnya, Irish Bella sempat diduga mengidap Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Pada kesempatan berbeda, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Kandungan dan Kebidanan) dr Boy Abidin Sp.OG(K) mengatakan bahwa infeksi saluran kemih tidak berkaitan langsung dengan apa yang dialami oleh Irish Bella.

Irish Bella dan Amar Zoni di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/9/2019).
Irish Bella dan Amar Zoni di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/9/2019). (KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA)

“Infeksi saluran kemih tidak berkaitan langsung. Dia (Irish Bella) lebih karena risiko pada hamil kembar. Kembarnya monozigot (satu sel telur yang dibuahi), dan ada masalah pada sirkulasi darah bayinya,” tutur dr Boy kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2019).

Namun, dr Boy menekankan, penting bagi ibu hamil untuk waspada terhadap ISK. Setiap ibu hamil memiliki risiko terkena ISK.

“ISK pada ibu hamil berkaitan dengan prematuritas. Infeksi akan memacu timbulnya oksitosin, sehingga rahim akan berkontraksi. Dengan adanya ISK, akan terjadi kontraksi sebelum waktunya,” tuturnya.

Infeksi yang Harus Diwaspadai

dr Boy mengatakan, ibu hamil lebih rentan terkena infeksi dibanding orang biasa. Ini karena ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah.

Halaman
12
Penulis: tidakada007
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved