Berita Belitung

PLTBn Beroperasi, Bupati Belitung Larang CPO Keluar Daerah

PLTBn pertama di Indonesia ini, rencana akan kembali dikembangkan untuk memenuhi pasokan daya listrik di Pulau Belitung.

PLTBn Beroperasi, Bupati Belitung Larang CPO Keluar Daerah
posbelitung.co/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) dan GM PT PLN IUW Bangka Belitung Abdul Muklis, Rabu (9/10/2019) melakukan penandatangan kerjasama di ruang rapat Bupati Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pembangkit Listrik Tenaga Bahan Bakar nabati (PLTBn) di Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung memiliki bahan bakar utama berupa CPO. PLTBn ini baru memiliki kapasitas sebesar 5 MW.

PLTBn pertama di Indonesia ini, rencana akan kembali dikembangkan untuk memenuhi pasokan daya listrik di Pulau Belitung. Sebab kebutuhan listrik di Belitung akan semakin bertambah menyusul perkembangan daerah.

"Kedepan tetap upaya kami akan kembali dikembangkan, bukan hanya 5 MW saja tapi lebih dari itu. Karena urusan listrik ini sudah menjadi kebutuhan mendasar," ungkap Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada posbelitung.co, rabu (9/10/2019).

Bahan bakar PLTBn ini adalah CPO yang cukup banyak berada di Negeri Laskar Pelangi. Sehingga tidak perlu mengirim bahan bakar dari luar Pulau Belitung.

"Listrik kedepan harus menggunakan bahan bakar ini dan CPO kedepan tidak boleh lagi keluar dari Belitung. Jadi perusahaan sawit harus menjual CPO mereka ke PLTBn ini," ujarnya.

Menurut Sanem, PLTBn ini merupakan pembangkit listrik ramah lingkungan dan sangat menguntungkan bagi perekonomian masyarakat.

Terutama bagi pemilik perkebunan sawit berskala kecil atau perkebunan sawit masyarakat.

"Mereka nanti bisa menjual sawit mereka ke pembangkit ini, dan untuk sawit nya tidak perlu yang bagus, yang biasa sawit tidak berkualitas lah istilahnya bisa dijual ke pembangkit ini," tandasnya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved