Berita Belitung

PLTBn di Sungai Samak Rencana Akan Segera Beroperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Bahan Bakar nabati di Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung sudah disepakati untuk beroperasi.

PLTBn di Sungai Samak Rencana Akan Segera Beroperasi
posbelitung.co/Disa Aryandi
Suasana pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Belitung, BUMD PT Belitong Mandiri dan PT PLN IUW Bangka Belitung, rabu (9/10/2019) di ruang rapat Bupati Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pembangkit Listrik Tenaga Bahan Bakar nabati (PLTBn) di Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung sudah disepakati untuk beroperasi.

Kesepakatan itu sudah direncanakan setelah melakukan penandatangan antara Pemerintah Kabupaten Belitung dan PT PLN IUW Bangka Belitung.

Pembangkit listrik berbasis CPO itu, memiliki kapasitas 5 MW. Pembangkit listrik tersebut merupakan proyek Pemerintah Pusat dan telah diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Belitung.

Selama ini pengelolaan pembangkit listrik itu dikelola BUMD PT Belitong Mandiri. Tapi belum pernah di operasionalkan, lantaran terkendala anggaran untuk biaya operasional awal.

"Jadi sudah di sepakati tadi, sementara ini akan dikelola oleh PLN dulu. Itu selama enam bulan kedepan," kata Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada posbelitung.co, Rabu (9/10/2019).

Pembangunan PLTBn ini, telah menghabiskan APBN sebesar Rp 104 miliar.

PLTBn ini adalah pembangkit listrik percontohan dari Pemerintah Pusat dan yang pertama di Indonesia berbasis CPO.

"Tanggal 27 Oktober ini nanti harus sudah beroperasi. Secara teknis nanti Pemerintah Daerah tidak mengatur kerjasama dengan PLN, tapi antara PLN dengan BUMD," pungkasnya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved