Berita Belitung

Belajar Kejar Paket Gratis, Siswanya Dapat Bantuan Operasional Pendidikan

Peserta didik kegiatan belajar Kejar Paket tidak dikenakan biaya atau gratis. Bahkan setiap siswa mendapat bantuan operasional pendidikan (BOP)

Belajar Kejar Paket Gratis, Siswanya Dapat Bantuan Operasional Pendidikan
(Ist/Dok Dindikbud Kabupaten Belitung)
Warga belajar Kejar Paket saat UNBK di UPT SKB Tanjungpandan beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Juhri mengatakan, peserta didik kegiatan belajar Kejar Paket tidak dikenakan biaya atau gratis. Bahkan setiap siswa mendapat bantuan operasional pendidikan (BOP).

"Kalau yang PKBM (pusat kegiatan belajar mengajar) paket B itu mendapat Rp 1,5 tiap siswa per tahunnya, sedangkan yang paket C mendapat jatah Rp 1,8 juta per orang tiap tahun," jelas Juhri kepada posbelitun.co, Kamis (10/10/2019).

Menurutnya, saat ini ada lima PKBM aktif di Kabupaten Belitung dan satu lagi tempat belajar paket yang diadakan di sanggar kegiatan belajar (SKB). Menurutnya PKBM ini memang memiliki tugas menyelenggarakan pendidikan bagi orang dewasa berupa pendidikan Kejar Paket.

Sistem pembelajaran di PKBM karena ditujukan bagi orang dewasa, jadi tidak terikat waktu karena menunggu warga belajar. Waktu belajar disesuaikan pada hari dan jam yang disepakati antara pengajar dan warga belajar. Selain itu ada juga PKBM Pengayoman yang ditujukan bagi warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Bervariasi sistem pembelajaran bergantung pengelola. Lembaga harus menyesuaikan warga tidak ada aturan seperti sekolah formal," kata Juhri.

Di samping itu, sebagai penunjang fasilitas bagi warga belajar, pihaknya juga telah menyiapkan 25 unit komputer yang bisa digunakan saat UNBK peserta didik Kejar Paket di SKB.

"Jadi UNBK Paket 2020 sudah bisa digunakan," tutur dia. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved