Bupati Belitung Buka Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), kamis (9/10/2019) membuka pelaksanaan Jambore Nasional Relawan

Bupati Belitung Buka Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), kamis (9/10/2019) membuka pelaksanaan Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana di Pelangi Lake Resort Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. 

Bupati Belitung Buka Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Kamis (9/10/2019) membuka pelaksanaan Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana di Pelangi Lake Resort Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Terdapat 10 Provinsi di Indonesia mengikuti pelaksanaan Jambore Nasional yang dimotori oleh BNPB. Pembukaan Jambore Nasional di tandai oleh Bupati Belitung dengan cara mengucapkan 'bismillahirohmannirohim' sembari memberikan ketukan di mic sebanyak tiga kali.

"Kami berikan penghargaan kepada BNPB, karena sudah melaksanakan kegiatan di Belitung. Ini selain dari pelaksanaan Jambore, namun sebagai bentuk mengenalkan Belitung kepada masyarakat di luar daerah," kata Sanem, kamis (9/10/2019).

Selain untuk menjalin silaturahmi antar relawan, kata dia, Jambore ini pula di harapkan sebagai bentuk meningkatkan profesional terhadap relawan bencana.

"Walaupun secara nasional kami belum ada BNPB, mungkin karena dari hasil analisa Belitung tidak berpotensi gempa dan tsunami, tapi kami sadari bahwa bencana itu bisa datang kapan saja dan dimana saja," ujarnya.

"Contohnya kemarau panjang dan kebakaran bagian dari bencana. Maka nya kami butuh itu, dan Jambore nasional ini harus meningkatkan profesional relawan bencana." katanya.

Total Sementara Peserta Jambore Nasional Penanggulangan Bencana Capai 277 Orang

Ketua Panitia Jambore Nasional Penanggulangan Bencana Wartono mencatat, terdapat 277 orang yang mengikuti kegiatan tersebut. Seluruh peserta ini dari perwakilan 10 Provinsi se - Indonesia, baik dari unsur relawan penanggulangan bencana maupun organisasi terkait.

Kegiatan ini, terlaksana setiap tahun, sebagai bentuk untuk penguranganll resiko bencana dan telah di isiasi oleh BNPB sejak tahun 2014 lalu.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved