Dorong Pemuda Buka Lapangan Kerja, Dinas KUMKMPTK Belitung Fasilitasi Pelatihan Kerja

Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar mengatakan pihaknya memfasilitasi kegiatan pelatihan

Dorong Pemuda Buka Lapangan Kerja, Dinas KUMKMPTK Belitung Fasilitasi Pelatihan Kerja
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar 

Dorong Pemuda Buka Lapangan Kerja, Dinas KUMKMPTK Belitung Fasilitasi Pelatihan Kerja

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar mengatakan pihaknya memfasilitasi kegiatan pelatihan yang diikuti 96 pemuda. Kegiatan yang dimulai pada Selasa (8/10/2019) lalu itu rencananya akan dilangsungkan selama 10 hari.

Kegiatannya diselenggarakan di beberapa lembaga pelatihan kerja (LPK) yang ada di Belitung yang sesuai dengan bidang keahlian yang dilatih. Pelatihan yang diadakan berupa servis air conditioner (AC), merakit jaringan komputer, pelatihan front office, pramusaji, dan edit film.

"Melalui kegiatan ini agar mengakomodir pemuda-pemuda desa, yang kami minta melalui kepala desa agar mengirim peserta dan kegiatan ini sudah dilaksanakan seperti di Hotel Belitong Inn, Chandra College, dan beberapa lokasi lain," ujarnya, Kamis (10/10/2019).

Adnizar menambahkan, kegiatan ini dilakukan agar para pemuda memiliki pengetahuan dan keterampilan handal supaya bisa membuka lapangan kerja. Pelatihan ini pun bukan diarahkan untuk mencari kerja.

Sehingga dengan keahlian itu mereka mempunyai keahlian yang dikuasai dan bisa menjadi persyaratan lapangan kerja, seperti perhotelan.

Sebelumnya, dinas tersebut juga telah beberapa kali mengadakan pelatihan kerja tak hanya di daerah tapi juga ke luar daerah melalui kerjasama dengan balai latihan kerja (BLK). Seperti kerjasama dengan BLK Sumatera Utara lalu mengirimkan 12 orang untuk mengikuti pelatihan barista selama sebulan.

Selain itu, di awal tahun, pemuda Belitung sempat dikirim ke Jawa Barat selama tiga bulan untuk mengikuti pelatihan mesin.

Pada 2020 mendatang, Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung juga berencana melakukan kerjasama dengan BLK Tanjung Kelayang. Ini dilakukan agar memberikan pelatihan-pelatihan dengan akses pemanfaatan SDM lokal seperti pelatihan penyelam dan pelatihan pengolahan dodol.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved