Jambore Nasional Penanggulangan Bencana Sebagai Bentuk Temu Relawan

Jambore Nasional Penanggulangan Bencana, kamis (9/10/2019) di Pelangi Lake And Resort Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

Jambore Nasional Penanggulangan Bencana Sebagai Bentuk Temu Relawan
Pos Belitung/Disa Aryandi
Suasana pembukaan Jambore Nasional Penanggulangan Bencana, kamis (9/10/2019) di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk 

Jambore Nasional Penanggulangan Bencana Sebagai Bentuk Temu Relawan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Jambore Nasional Penanggulangan Bencana, kamis (9/10/2019) di Pelangi Lake And Resort Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung sebagai bentuk ajang temu relawan untuk saling berinteraksi, berkomunikasi dan peningkatan relawan serta sebagai bentuk penghargaan.

Karena telah berkiprah dalam penanggulangan bencana. Sebab setiap kejadian bencana yang terjadi dan memberikan langka-langka preventif, untuk mencegah atau mengurangi resiko terhadap kejadiam yang akan ada di masa yang datang.

"Karena relawan adalah agen perubahan bagi pembangunan berkelanjutan yang berbasis pengurangan resiko bencana," ucap Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB Pangarso Suro Utomo kepada posbelitung.co, kamis (9/10/2019).

Kata dia, relawan harus selalu meningkatkan kerkapasitas dan kemampuan nya dalam segala bidang, yang berhubungan dengan penanggulangan bencana. Sebab, relawan seharusnya tidak hanya berperan pada saat tanggap darurat.

"Tapi pada saat pra dan pasca bencana, seperti upaya menjaga dan memperbaiki lingkungan," ucapnya.

Kata Pangarso, mayoritas bencana alam yang terjadi di Indonesia, karena ulah manusia. Oleh karena itu penting nya peran relawan dalam mitigasi bencana, dan merawat alam merupakan salah satu bentuk strategi dalam upaya mitigasi dalam menghadapi bencana.

34 Provinsi di Undang

BNPB sudah mengundang sebanyak 34 Provinsi untuk mewakili kegiatan Jambore Nasional Penanggulangan Bencana di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, kamis (9/10/2019).

Namun data terakhir, hanya 10 Provinsi yang mengirimkan perwakilan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sedangkan total secara keseluruhan dari peserta yang hadir, berjumlah 277 orang dari unsur relawan penanggulangan bencana, maupun organisasi yang terkiat.

Halaman
1234
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved