Berita Belitung

Tanjungpandan Belum Miliki PKBM, Juhri Rencanakan Ada Di Desa Air Raya

Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) tempat masyarakat belajar Kejar Paket A, B, dan C telah ada di kecamatan

Tanjungpandan Belum Miliki PKBM, Juhri Rencanakan Ada Di Desa Air Raya
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Juhri. 

POSBELITUNG.CO-- Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) tempat masyarakat belajar Kejar Paket A, B, dan C telah ada di kecamatan yang ada di Belitung. Namun kecamatan yang belum memiliki PKBM itu di Tanjungpandan.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Juhri, Kamis (10/10/2019).

"Jadi semua (pembelajaran kejar paket, red) menginduk ke SKB, padahal dalam edaran Kemendikbud tidak ada lagi pendidikan paket di SKB, karena SKB difokuskan sebagai balai pelatihan kerja," jelasnya.

Menurut Juhri, dulu di Tanjungpandan sempat ada namun karena suatu kendala akhirnya PKBM dihentikan. Namun kini ia berupaya agar PKBM di Tanjungpandan bisa dibangkitkan kembali.

Pihaknya pun telah berdiskusi dengan pendiri yang bersedia mengelola PKBM di Desa Air Raya. Selain itu juga mengupayakan kerjasama dengan perangkat desa.

"Sudah beberapa kawan melakukan pendekatan Kades agar dilakukan pembicaraan intens, syukur-syukur perangkat desa bisa menyiapkan satu lokal belajar jadi tidak perlu numpang di sekolah. Karena kebanyakan PKBM ini tetap numpang di sekolah-sekolah karena tidak ada gedung serta sarana-prasarana sendiri," jelas Juhri.

Jika bisa berjalan, kata dia, PKBM di Desa Air Raya bukan sebagai pengganti kegiatan belajar Kejar Paket di SKB. Tapi sebagai kegiatan belajar Kejar Paket tambahan bagi masyarakat umum.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved