Berita Belitung

DLH Minta Perusahaan Tambang Kaolin Taati Peraturan karena Tanjungpandan Daerah Wisata

DLH lakukan pemanggilan kepada berbagai perusahaan yang melakukan pelanggaran, ketika membawa bahan material tambang

DLH Minta Perusahaan Tambang Kaolin Taati Peraturan karena Tanjungpandan Daerah Wisata
Posbelitung/Disa Aryandi
Edi Usdianto 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan, tetap akan melakukan pemanggilan kepada berbagai perusahaan yang melakukan pelanggaran, ketika membawa bahan material tambang ke PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Tanjungpandan.

Terutama bahan material tambang tersebut tercecer dan mengakibatkan dampak lingkungan. Pasalnya saat penerbitan izin usaha pertambangan (IUP), perusahaan ini telah berkomitmen untuk memenuhi dokumen dampak lingkungan.

"Bukan hanya dua perusahaan saja (PT Alter Abadi dan PT Bintang Puspita Bumi Dwipa), tapi sebagai pembelajaran perusahaan-perusahaan lain juga. Nah kedepan, kami akan benar-benar menerapkan dokumen dampak lingkungan tersebut," kata Edu-biasa disapa kepada posbelitung.co, Jumat (11/10/2019).

Edu meminta kepada perusahaan tambang agar tetap mentaati peraturan yang berlaku, dan tidak dipungkiri bahwa kendala yang dihadapi di Tanjungpandan ini, untuk menuju Pelabuhan Indonesia II, tidak ada jalur lain.

"Semua pasti melewati bundaran satam dan disitu banyak wisatawan, apalagi di persimpangan Jalan Gegedek. Kami minta kerjasama dengan semua tambang kaolin untuk sama-sama memperhatikan kebersihan Kota Tanjungpandan, mengingat Belitung adalah daerah wisata," bebernya.

Menurut Edu, terkait dengan PT Bintang Puspita Bumi Dwipa, secara khusus tetap akan dilakukan pemantauan oleh petugas DLH. Sehingga perusahaan tersebut, betul-betul mentaati peraturan sesuai dengan dokumen lingkungan.

"Ini akan kami buatkan berita acara dan akan kami berikan kepada pak Bupati. Kalau masih ada pelanggaran kedepan, tetap akan kami tindak," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved