Berita Belitung

Rehabilitasi Bekas Tambang, HKm Juru Seberang Bersatu Kini Didatangi Ribuan Pengunjung

Ketua HKm Juru Seberang Bersatu Marwandi mengatakan pihaknya mulai merehabilitasi lokasi bekas tambang menjadi taman wisata

Rehabilitasi Bekas Tambang, HKm Juru Seberang Bersatu Kini Didatangi Ribuan Pengunjung
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Wisatawan saat berada di Belitung Mangrove Park yang dikelola HKm Juru Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Tanjungpandan, Jumat (11/10/2019). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Ketua HKm Juru Seberang Bersatu Marwandi mengatakan pihaknya mulai merehabilitasi lokasi bekas tambang menjadi taman wisata mangrove pada 2017 dan berakhir pada 2018.

Awalnya kawasan Belitung Mangrove Park (BMP) merupakan lahan bekas tambang yang telah ditambang PT Timah sekitar 1948 sampai 1981 menggunakan kapal keruk.

"Semenjak 2013 kami atas prakarsa penyuluh dan polhut mengajukan izin mengelola kawasan hutan areal bekas tambang. Izin keluar dan mendapatkan kegiatan kemah budaya nasional yang didukung pemerintah daerah serta program ICCTF dan program lain," jelas Marwandi saat scalling up dan media visit yang diadakan Kementrian PPN/Bappenas di HKm Juru Seberang, Tanjungpandan, Jumat (11/10/2019).

Setelah resmi dibuka, BMP telah dikunjungi ribuan pengunjung. Ia menyebut, pada 2018 kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut mencapai 74.620. Selama 2019 per 30 September  kunjungan ada sekitar 62.620 wisatawan.

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di BMP seperti kegiatan jasa lingkungan, tracking mangrove, rumah edukasi, juru pandang, dan spot selfie. 

Selain itu, pada 2019 ini ditambahkan atraksi berupa kegiatan mancing kepiting rajungan yang telah dibudidayakan saat kunjungan asesor UNESCO Global Geopark pada akhir Juni lalu.

"Mengembangkan perekonomian masyarakat tak bisa dilakukan tanpa dukungan semua pihak. Dukungan bukan hanya saat ini tapi juga kerjasama di masa yang akan datang," harap Marwandi.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved