Berita Belitung

Sekda Belitung Timur Dorong Gerakan Jumat Bersih Jadi Budaya

Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung Timur Ikhwan Fahrozi mendorong gerakan Jumat Bersih sebagai budaya masyarakat.

Sekda Belitung Timur Dorong Gerakan Jumat Bersih Jadi Budaya
posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Foto bersama setelah melakukan bersih pantai. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung Timur Ikhwan Fahrozi mendorong gerakan Jumat Bersih sebagai budaya masyarakat. Ia mengatakan gerakan ini diibaratkan sebagai aktivitas makan. Ketika makanan sudah masuk dalam diri kita, artinya nanti bakal menjadi darah daging kita.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Jumat Bersih bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) di Pantai Nyiur Melambai, Jumat (11/10/2019).

Ia juga mengajak seluruh OPD serta ASN agar bisa bergabung dalam program rutin ini. Kalau punya waktu dan personel, lanjutnya, mari diberdayakan membersihkan ruang publik dan tempat wisata.

"Saya juga mengajak aparatur pemerintah desa seperti RT, Kadus, serta Tokoh Masyarakat bekerja bersama," kata Ikhwan.

Ia menjelaskan hal ini bukan bertujuan membebankan OPD. Kegiatan ini pun tidak melalui instruksi secara formal karena jika secara formal terkesan memaksa.

"Saya ingin mengetuk kesadaran para ASN dan OPD secara sukarela bergabung. Saya pikir ASN perlu berterima kasih karena semua hak sudah terpenuhi dan tidak ada ASN yang pendapatannya kurang," jelasnya.

Kegiatan ini minggu kemarin sudah dilaksanakan di lapangan segitiga Kelapa Kampit dan hari ini di Pantai Nyiur Melambai. Lokasi Jumat Bersih akan terus memutar di seluruh wilayah Beltim.

Hal terpenting, menurut Ikhwan, gerakan ini tidak hanya gotong royong memungut sampah, tapi di dalamnya juga ada interaksi. Di sini mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai kebutuhan, keluh kesah, dan permasalahan sosial lainnya.

"Jadi sebagai silaturahmi antar OPD juga kan," tandasnya.

(posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved