277 Relawan se-Indonesia Ikuti Jambore di Belitung

BUPATI Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) membuka Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana di Pelangi Lake Resort, Desa Keciput

277 Relawan se-Indonesia Ikuti Jambore di Belitung
istimewa
BUPATI Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) membuka Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana di Pelangi Lake Resort, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kamis (10/10). Sebanyak 277 relawan dari 10 provinsi di Indonesia mengikuti pelaksanaan jambore yang dimotori oleh BNPB ini. 

277 Relawan se-Indonesia Ikuti Jambore di Belitung

BUPATI Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) membuka Jambore Nasional Relawan Penanggulangan Bencana di Pelangi Lake Resort, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kamis (10/10). Sebanyak 277 relawan dari 10 provinsi di Indonesia mengikuti pelaksanaan jambore  yang dimotori oleh BNPB ini.

"Kami berikan penghargaan kepada BNPB, karena sudah melaksanakan kegiatan di Belitung. Jambore juga sebagai ajang mengenalkan Belitung kepada masyarakat di luar daerah," kata Sanem, Kamis (10/10).

Selain untuk menjalin silaturahmi antar relawan, kata dia, jambore ini diharapkan dapat meningkatkan profesional terhadap relawan bencana. 

"Walaupun secara nasional kami belum ada BNPB, mungkin karena dari hasil analisa Belitung tidak berpotensi gempa dan tsunami, tapi kami sadari bahwa bencana itu bisa datang kapan saja dan dimana saja," ujarnya.

Ketua Panitia Jambore Nasional Penanggulangan Bencana, Wartono mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun dalam rangka pengurangan risiko bencana yang telah diinisiasi BNPB sejak tahun 2014 lalu. 

"Karena ini sebagai kegiatan bulan resiko bencana, jadi diadakan di Belitung," kata Wartono yang juga Kasubdit Peran Organisasi Masyarakat BNPB tersebut.

Menurutnya, tujuan kegiatan ini untuk merangkul relawan dari berbagai provinsi maupun organisasi relawan penanggulangan bencana yang ada di Indonesia. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat tercipta komunikasi yang baik antar relawan penanggulangan bencana dan bisa berbagi informasi dari satu daerah ke daerah yang lain.

"Dalam jambore ini peserta diberikan materi tentang pembuatan jalur evakuasi, peran media sosial, penanaman pohon dan city tour dalam rangka visit Belitung," katanya. 

Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB Pangarso Suro Utomo mengatakan, relawan harus selalu meningkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam segala bidang, yang berhubungan dengan penanggulangan bencana. Sebab, relawan seharusnya tidak hanya berperan pada saat tanggap darurat saja. 

Halaman
12
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved