Berita Belitung

Terjerat Kasus Korupsi SPPD Fiktif, Mantan Sekwan Belitung Pindah Tempat Tinggal dan Pensiun Dini

Terpidana kasus korupsi SPPD anggota DPRD Kabupaten Belitung tahun 2012 itu sudah lama tidak tinggal di rumahnya

Terjerat Kasus Korupsi SPPD Fiktif, Mantan Sekwan Belitung Pindah Tempat Tinggal dan Pensiun Dini
Ist/dok kejaksanaan Belitung
Kristianto DW 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Belitung Kristianto DW (56), hingga sekarang masih tercatat sebagai warga Jalan Basuki Rahmad nomor 8B RT 39/16, Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Padahal, terpidana kasus korupsi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) anggota DPRD Kabupaten Belitung tahun 2012 itu sudah lama tidak tinggal di rumah tersebut

Terakhir, Kristianto DW sempat berada di rumah yang sudah kosong tersebut pada awal tahun 2016 lalu. Ketika itu, Kristianto DW baru selesai menjalani proses peradilan di Pengadilan Tipikor Pangkalpinang dengan vonis bebas pada tahun 2015.

Namun, pihak Kejaksaan Negeri Belitung kembali melakukan Kasasi terhadap kasus tersebut, dan dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA) pada bulan Agustus 2016.

Setelah keputusan dari MA tersebut diterima oleh Kejaksaan Negeri Belitung, Kristianto DW tak pernah terlihat lagi dikediamannya dan rumah tersebut dalam keadaan kosong. Itu membuat terpidana ini ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Hingga akhirnya terpidana ini ditangkap petugas di Jalan Pipa Pertamina, Kelurahan Gelumbang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Jumat (11/10/2019) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kristianto diciduk petugas gabungan, dari unsur tim Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia, tim Kejati Sumatera Selatan dan tim Kejati Bangka Belitung. Rencana hari ini, terpidana kasus korupsi ini akan diberangkatkan dari Sumatera Selatan ke Pangkalpinang terlebih dahulu.

Tak Berstatus PNS Lagi

Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Belitung, Kristianto DW ternyata sudah tidak lagi berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Belitung.

Ia telah mengajukan pensiun dini, usai divonis oleh Pengadilan Tipikor (PT) Pangkalpinang tidak bersalah atau bebas, sebelum Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Belitung mengajukan kasasi.

"Tahun 2015 setelah keluar pada kasus pertama, pak Kris mengusul pensiun dini. Nah SK pensiun awalnya keluar tangga 1 Desember 2015 lalu," kata Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung Saprin kepada posbelitung.co, Sabtu (12/10/2019).

Kegiatan Kristianto sebagai PNS memang sudah tidak aktif lagi sejak tersandung kasus dugaan korupsi pada tahun 2013 lalu.

"Beliau pensiun ini juga APS (atas permintaan sendiri). 2014 lalu juga sebetulnya beliau memang mengajukan pesiun, tapi waktu itu tidak jadi," pungkasnya. 

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved