Berita Belitung Timur

Belitung Timur Fashion Carnaval 2019 Bertabur Kreativitas

Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan dua perlombaan, Batik Fashion Show dan Carnaval Pelangi Warna-warni

(posbelitung.co/bryanbimantoro)
Pemenang Carnaval Warna-warni BTFC 2019 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Belitung Timur Fashion Carnaval 2019 selesai dilaksanakan dengan ciamik. Agenda tahunan tersebut diselenggarakan mulai Jumat hingga Minggu (11-13/10/2019) yang dipusatkan di Taman Kota Manggar.

Ribuan masyarakat tumpah ruah menyaksikan dua perlombaan, Batik Fashion Show dan Carnaval Pelangi Warna-warni. Mereka tampak terhibur dengan penampilan insan kreatif Belitung Timur dan Bangka Belitung umumnya. Menampilkan busana-busana yang elegan dipadukan dengan batik khas Belitung Timur.

Sebanyak 163 peserta mengikuti dua perlombaan tersebut. Mereka bukan hanya berasal dari Belitung Timur, tapi juga dari Bangka, Belitung, Pangkalpinang, Bangka Selatan, dan Bangka Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Evi Nardi mengatakan tahun ini merupakan tahun ke-7 penyelenggaraan. Tujuannya agar lebih mengenalkan produk ekonomi kreatif Belitung Timur, utamanya Batik de Simpor dan Batik Mangrove.

"Selain itu juga agar perekonomian masyarakat terdongkrak naik dari sektor pariwisata. Karena otomatis mereka akan belanja di Belitung Timur dalam bentuk penginapan, makan, dan lainnya," kata Evi kepada posbelitung, Minggu (13/10/2019).

Ke depan, Evi berencana mengundang seluruh dinas pariwisata se-Indonesia agar bisa berpartisipasi dalam BTFC 2020. Dengan begitu, diharapkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan per kapita.

Disbudpar Beltim sudah menyelenggarakan beberapa acara mendukung program pengembangan pariwisata dan budaya, seperti Belitung Timur Expo, Ngembarik de Beltim, Bujang Dayang Beltim, Jelajah Pesona Jalur Rempah, dan BTFC 2019.

Ia berharap semoga event ini bisa masuk ke dalam kalender pariwisata Kementerian Pariwisata tahun 2020.

Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza mengapresiasi kegiatan ini. Ia menilai acara tahunan ini sangat bagus dan mampu memacu kreatifitas anak bangsa khususnya di Beltim.

"Saya berharap kegiatan ini bisa meningkatkan rasa cinta terhadap batik Beltim. Semoga juga acara ini bisa lebih luas lagi ke nasional supaya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Beltim," ucap Yuslih.

Yuslih juga mendorong pengusaha batik menciptakan motif-motif baru yang menggambarkan kesenian dan kearifan budaya Belitung Timur.

Hari terakhir, Malam Batik Fashion Show BTFC 2019 diisi dengan pertunjukkan sanggar-sanggar di Beltim, Stefani Bintang Radio Babel yang akan mewakili Babel ke tingkat nasional di ajang serupa, dan penyerahan hadiah kepada para pemenang.

(Posbelitung.co/bryanbimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved