Breaking News:

Berita Belitung

Festival De Senjoebok II Belitung Timur Diharapkan Dongkrak Seni dan Budaya Asli Daerah

Festival ini akan berlangsung selama empat hari dengan Puncak Festival akan menampilkan Toonel berjudul Hikajat Senjoebok.

Istimewa
Pembukaan festival De Senjoebok dibuka langsung Camat Kelapa Kampit, Syahril (3 dari kiri) Kades Senyubuk (2 dari kiri) bersama tamu undangan lainnya. Istimewa (14/10/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Pemerintah Desa Senyubuk kembali Menggelar, Festival De Senjoebok II, yang dipusatkan di Lapangan Segitiga, Kelapa Kampit, Belitung Timur.

Festival ini akan berlasung selama empat hari, mulai dari tanggal 14 Oktober - 18 Oktober 2019, dengan 

Puncak Festival akan menampilkan Toonel berjudul Hikajat Senjoebok.

Kepala Desa Senyubuk Annasrul Hakim (Annas) menyampaikan  jadi untuk fetival De Senjoebok II seperti tahun lalu mengelar festival, terutama untuk mengangkat seni dan budaya melayu yang hampir terkubur di Pulau Belitung. Selain itu juga guna mendorong pariwisata terutama potensi di Desa Senyubuk

"Yang berbeda dari tahun lalu, Sekarang ada Pentas Seni yang dilombakan yaknk lagu daerah, kalau tahun lalu ada ngembarik tahun ini kami tampilkan toonel, yang merupakan semacam drama seni teater," ujar Annas.

Selain itu Pemdes Senyubuk juga menyiapkan berbagai stand yang diisi oleh UKM  dari Desa Senyubuk dan juga desa desa sekitar senyubuk.

Pembukaan festival ini dilakukan oleh Camat Kelapa Kampit Syahril pada Senin, (14/10/2019).

Syahril menyampaikan festival De Senjoboek II, sangat berbeda sekali dengan yang pertama, kali ini lebih beragam kegiatan budayanya, beberapa kegiatan tersebut diantaranya lomba lagu asli Belitung.

Hal tersebut juga terlihat dari adanya sponsor, dan beberama stand yang turut menyemarakan festival ini.

"Kegiatan ini jarang terjadi, toonel ini mengakat kembali kebudayaan kite, karena jarang, bisa menghibur masyarakat," ujar Syahril.

Menurut Syahril meskipun festival ini sekala desa, tapi dia yakin penampilan nanti akan lebih meriah.

Dia pun berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya, dan desa lain juga bisa melakukan kegiatan serupa dan mengembang potensi yang ada di desa masing-masing.

(posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved