Breaking News:

Berita Belitung

Sembilan Desa Belum Miliki BUMDes, Ini Upaya BPMPDPKB Kabupaten Belitung

pemerintah desa yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Belitung, ada sembilan desa

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati
Posbelitung/Disa Aryandi
Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) BPMPDPKB Kabupaten Belitung Antonio Apriza 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kepala Bidang Pemerintah Desa (Pemdes) Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Belitung Antonio Apriza (Anton) mengatakan, pemerintah desa yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Belitung, ada sembilan desa.

Sembilan desa tersebut, Desa Aik Saga, Desa Juru Seberang, Desa Pelempang Jaya, Desa Dukong, Desa Aik Ketekok, Desa Sungai Padang, Desa Batu Itam, Desa Gersik, Desa Pulau Sumedang.

"Dari sembilan BUMDes itu, ada tiga Desa yang masih dalam proses pembentukan BUMDes. Itu Desa Pelempang Jaya, Desa Aik Ketekok, dan Desa Dukong, tapi belum menyampaikan SK (Surat Keputusan) ke kami," jelas Anton kepada posbelitung.co, Senin (14/10/2019).

Menurutnya, secara keseluruhan terdapat 33 Desa sudah memiliki BUMDes, dan sekarang ini mereka sedang berupaya untuk mendorong pemerintah desa tersebut, agar membentuk BUMDes pada tahun ini.

"Kami akan memberikan sosialisasi kepada Desa, agar nanti tahun 2020 semua di Desa - Desa yang belum ada BUMDes, sudah terbentuk. Kami akan kejar pembentukan itu, tahun ini (2019)," ujarnya.

Menurut Anton, BUMDes ini tentu sangat penting bagi pemerintah desa, lantaran sebagai usaha desa untuk menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

"Supaya dalam jangka panjang, nanti desa bisa mandiri dan memiliki PADes. PADes ini tentu nantinya bisa untuk pengembangan desa itu sendiri, misalkan untuk membuat lokasi wisata dan segala macam," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved