Breaking News:

Berita Belitung

Ribuan Penonton Menyaksikan Petas Seni Tari Festival De Senjoebok II di Kelapa Kampit

Penampilan Sanggar Seni Citra Artistika pukau ribuan penonton dalam festival De Senjoebok II yang dilaksanakan di Lapangan Segitiga

Penulis: Suharli | Editor: Ardhina Trisila Sakti
posbelitung.co/Suharli
Penampilan Sanggar Seni Citra Artistika dalam rangkaian Kegiatan Festival De Senjoebok II, Rabu (16/10/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Penampilan Sanggar Seni Citra Artistika pukau ribuan penonton dalam festival De Senjoebok II yang dilaksanakan di Lapangan Segitiga, Kecamatan Kelapa Kampit. Rabu (16/10/2019).

Sanggar Seni asal kelapa Kampit ini menampilkan Tari Pemutus Gayong Sembilan penari yang ditampilkan sebanyak sembilan penari.

Ketua Lembaga Adat Belitung Timur, Andi Susanto menyampaikan pemutus Gayong adalah satu diantara ilmu yang ada di Pulau Belitung. Orang dulu di belitong mengamalkan ilmu ini untuk menjaga diri dari serangan jahat.

"Menurut orang zaman dulu hanya dengan main tunjuk atau mengacungkan jari telunjuk ke arah lawan ilmu ini bisa membuat lamanya menderita kesakitan bahkan langsung terbunuh," ujarnya.

Tak hanya itu. rangkaian festival De Senjoebok II pada malam ini juga menampilkan Tarian Kayang Rambak oleh SMP N 1 Kelapa Kampit, Tari Kayang Rambak, menceritakan sosok wanita yang menyebar agama Islam kepada masyarakat khususnya masyarakat Buding.

Sedangkan SMP N 2 Kelapa Kampit menampilkan tarian Tulak Balak. Selain itu juga ada penampilan hadra, gambus dan Campak.

(posbelitung.co/Suharli)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved