Breaking News:

Berita Belitung

Turis Mancanegara Diajak Kunjungan ke Geosite Belitung

Beberapa geosite menjadi lokasi yang dikunjungi turis Wonderful Sail to Indonesia yang kini berada di Belitung.

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung Sahani Saleh menikmati makan bedulang bersama peserta Wonderful Sail to Indonesia yang berada di Belitung Mangrove Park, Desa Juru Seberang, Kamis (17/10/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan beberapa geosite menjadi lokasi yang dikunjungi turis Wonderful Sail to Indonesia yang kini berada di Belitung.

Ini dilakukan sebagai wujud promosi Pulau Belitung yang kini diajukan sebagai kandidat UNESCO Global Geopark.

"Ini dijual juga dalam hal mempromosikan kepariwisataan," katanya, Kamis (17/10/2019).

Selain itu, sambutan yang diberikan pada turis-turis asing itu juga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan. Makanya ditampilkan pula produk UMKM sebagai upaya promosi.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto. Menurutnya, pihaknya mengajak para turis melakukan city tour, termasuk mengunjungi Belitung Mangrove Park di Gusong Bugis, Desa Juru Seberang. Saat berada di lokasi yang merupakan satu di antara geosite itu juga, pihaknya menceritakan bahwa kawasan tersebut dulunya merupakan area pertambangan.

Kemudian berkat upaya terpadu antara pemerintah dan masyarakat, makanya kawasan tersebut bisa menjadi destinasi wisata.

Di samping itu, peserta Wonderful Sail to Indonesia juga sempat diajak mengunjungi sekolah agar mereka melihat kondisi yang ada di Indonesia.

"Jadi memang ada beberapa hal ingin tunjukkan kepada mereka, kondisi sekolah yang mereka juga ikut, mereka bertemu guru-guru dan para siswa," lanjutnya.

Ia menambahkan, penyambutan yang diberikan bagi turis tersebut memang dilakukan sewajarnya, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ini agar mereka bisa melakukan transaksi ekonomi dengan masyarakat Belitung langsung. Meski tetap fasilitas disediakan, pengenalan destinasi dan masyarakat.

"Yang penting kesan selama di sini seperti keamanan, keramahan dan kebersihan. Sampai saat ini mereka enjoy (menikmati)," tuturnya.

(posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved