Berita Belitung

Tahun 2019 Sudah Lima Kali Ekspor Ikan Kerapu ke Hongkong, Sekali Pengiriman 15 Ton

Ikan kerapu sekarang ini kembali menjadi primadona untuk pemasaran dunia, hasil perikanan.

Tahun 2019 Sudah Lima Kali Ekspor Ikan Kerapu ke Hongkong, Sekali Pengiriman 15 Ton
PosBelitung.com
Keramba ikan kerapu Kelompok Mitra Mandiri Sehati di Laut Selindang 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Ikan kerapu sekarang ini kembali menjadi primadona untuk pemasaran dunia, hasil perikanan. Tujuan ekspor dari Tanjungpandan, Belitung yaitu Negara Hongkong dan di tahun 2019 ini yang sudah sering melakukan pengiriman ke negara tersebut.

Permintaan dari Hongkong untuk ikan kerapu ini, terbilang sangat tinggi sekali dan selama satu kali pengiriman menggunakan jalur laut pada tahun 2019 ini, mencapai 15 ton.

"Ini sudah lima kali melakukan pengangkutan dan satu kali pengiriman itu 15 ton," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri kepada posbelitung.co, Jumat (18/10/2019).

Ekspor ikan kerapu dari Belitung tahun 2016 lalu
Ekspor ikan kerapu dari Belitung tahun 2016 lalu (Posbelitung/dokumentasi)

Ikan kerapu yang di ekspor itu, kerapu cantik, kerapu macan, kerapu sunu dan kerapu bebek. Namun khusus untuk kerapu bebek, tidak banyak dilakukan ekspor, lantaran stok di pembudidaya tidak banyak.

"Ditambah lagi waktu panen untuk kerapu bebek ini sampai 2 tahun lebih, itu kesulitannya. Tapi kalau untuk kerapu lain nya, ukuran berat 500 gram sampai 1 kilogram (kg) sudah dijual dari pembudidaya ke pengepul," jelas Firdaus.

Ukuran permintaan dari pasaran Hongkong, untuk ikan kerapu tersebut satu ekor paling tidak harus berukuran 1 Kg hingga 2,5 Kg. Permintaan tersebut tetap harus dipenuhi, agar kerjasama antar negara tetap berjalan baik.

"Kalau untuk harga sekarang ini, khusus untuk kerapu macan dan cantik itu antara Rp 105.000,- sampai Rp 110.000,- per Kg. Kalau kerapu sunu, antara Rp 180.000,sampai Rp 200.000, kilogram. Kalau kerapu bebek memang sudah lama tidak ada, kemarin sempat kirim tapi tidak banyak, dan itu juga benih 3 tahun lalu, dan yang jelas harga nya diatas Rp 500.000 per Kg,"ungkap Firdaus. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved