Breaking News:

Berita Belitung

Tantangan Bahasa Lokal Tergerus Era Revolusi 4.0 Akibat Interaksi Berkurang

Ketua Komunitas Telinsong Budaya Fithrorozi mengatakan era revolusi 4.0 membuat interaksi sosial tatap muka berkurang

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Ketua Telinsong Budaya Fithrorozi saat menyampaikan materi pada seminar literasi di Hotel Billiton, Tanjungpandan, Senin (21/10/2019). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Ketua Komunitas Telinsong Budaya Fithrorozi mengatakan era revolusi 4.0 membuat interaksi sosial tatap muka berkurang sehingga menjadi tantangan bahasa, terutama Bahasa Melayu Belitung. Padahal interaksi merupakan cara menguatkan bahasa lokal, terutama tradisi lisan.

Ini disampaikannya seusai menjadi pemateri pada seminar literasi bertema edukasi dan kampanye aktivitas baca-tulis pada festival literasi di Hotel Billiton, Tanjungpandan, Senin (21/10/2019).

"Bahkan ujaran kebencian berganti makna bukan lagi bentuk lisan, tapi teks di atas keypad pun disebut tutur. Semua mulai bergeser pada mesin," ungkap  Fithrorozi.

Menurutnya ada tiga pertimbangan agar melestarikan bahasa Belitung. Seperti meningkatkan minat baca tulis atau literasi.

Dia melakukan aktivasi atau mengaplikasikan tradisi lisan menjadi tulisan, lalu tulisan menjadi pertunjukan. Selain itu juga menginovasikan nilai-nilai tradisional agar dapat bertahan di tengah perubahan zaman.

Di samping itu, Fithrorozi menjelaskan bahwa Komunitas Telinsong Budaya merupakan himpunan penggiat budaya yang mengumpulkan adat dan tradisi budaya lokal, baik yang telah diaktivasi maupun yang sudah ditinggalkan. Ini dilakukan buat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas.

Ada beberapa produk literasi dan pertunjukan yang telah dihasilkan komunitas ini. Seperti buku himpunan karya siswa SD di Kecamatan Sijuk berjudul Seroja Aik Rembikang. Serta karya siswa SD di Tanjungpandan berjudul Alam Sang Guru.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved