Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Belitung Timur

Event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur, masuk ke dalam 100 events Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020

Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Belitung Timur
ist/Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Belitung Timur
BUPATI Belitung Timur Yuslih Ihza sangat bersyukur event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur, masuk ke dalam 100 events Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020 

BUPATI Belitung Timur Yuslih Ihza sangat bersyukur event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur, masuk ke dalam 100 events Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020. Keberhasilan ini merupakan penantian yang sangat panjang dan pencapaian spektakuler dari pariwisata Kabupaten Belitung Timur.

“Saya bersyukur dan sangat senang event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur berhasil masuk dalam 100 events pariwisata nasional di Indonesia,” kata Yuslih.

Event ini, kata Yuslih, sebagai upaya menggencarkan promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Beltim. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur akan terus berbenah diri dan menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian.

“Semoga adanya event ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Beltim. Kita juga bersama para pemangku kepentingan akan mencari narasumber yang berkompeten untuk menambah referensi terkait promosi wisata daerah,” kata Yuslih.
Jelajah Pesona Jalur Rempah merupakan event tahunan Kabupaten Belitung Timur yang mengangkat potensi sejarah maritim, tradisi bahari dan pengelolaan rempah, juga budaya lokal yang dikemas sebagai event wisata. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Evi Nardi mengatakan, event Jelajah Pesona Jalur Rempah telah dilaksanakan sejak tahun 2014 dengan tema Wonderful Belitung Timur dan Festival Seni dan Budaya Belitong.

“Event ini sudah dilaksanakan dari tahun 2014 hingga sekarang. Tema yang kita angkat disesuaikan dengan kajian dari beberapa kementerian. Alhamdulillah, dari 508 kabupaten/kota se-Indonesia yang mengusulkan event masing-masing daerah untuk masuk kalender nasional, Kabupaten Belitung Timur masuk dalam 100 event kalender nasional pada tahun 2020,” kata Evi Nardi.

Evi mengatakan, keberhasilan ini berkat tekad, kerja keras dan semangat serta kerja sama kita semua dengan dukungan dari masyarakat sehingga Kabupaten Belitung Timur masuk dalam event Kalender Nasional 2020. Event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur pada tahun 2020 akan dilaksanakan selama 20 hari berturut-turut.

Event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur merupakan satu dari empat event yang masuk dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Toboali City on Fire, Festival Tanjung Kelayang dan Sungailiat Triathlon. Penetapan melalui beberapa tahapan penyeleksian dari para kurator dari Kementerian Pariwisata yaitu Beauty Contest, yang memberikan kesempatan kepada 34 Provinsi untuk mempresentasikan event unggulan yang diusulkan pada tanggal 2-3 Oktober 2019 lalu di Jakarta.

Pada kesempatan itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama sejumlah kepala daerah dan Kepala Dinas Pariwisata, serta perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia meluncurkan Calendar of Event (CoE) 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata, Selasa (15/10) malam.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi launching CoE 2020 yang akan memberikan dampak besar dalam mendongkrak kunjungan wisman, serta menggerakkan wisnus ke destinasi yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sebanyak 100 event pariwisata unggulan itu akan digelar sepanjang tahun ini.

“Kami harapkan daerah serius menyusun dan menggarap event-event yang masuk dalam 100 CoE 2020 agar bisa mendatangkan wisman lebih banyak lagi ke Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya. (*/adv)

Rencana Event Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur 2020
1. 20 hari pelaksanaan
2. 20 kuliner khas rempah
3. 20 produk olahan rempah
4. 20 seni tradisi dan kontemporer
5. 20 figur warna rempah
6. 20 varian rasa Aik Sepang (*/adv)

Editor: Evan
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved