Breaking News:

Berita Belitung

Peringati HSN 2019, Santri Turut Menjaga Kebhinnekaan dan Pancasila di Indonesia

Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza mengatakan Indonesia saat ini tak lepas dari perjuangan santri di masa lalu.

posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja berfoto bersama Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza dan pejabat lainnya dalam peringatan HSN 2019 di MTs Negeri Manggar, Selasa (21/10/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza mengatakan Indonesia saat ini tak lepas dari perjuangan santri di masa lalu.

Hingga kini, menurutnya, santri masih terus memberi sumbangsih terhadap keberlangsungan negara ini.

"Melalui Hari Santri Nasional (HSN) 2019 ini bisa memberikan motivasi dan semangat kepada kita semua dan khususnya kepada santri agar terus mempertahankan apa yang sudah didapat saat ini," pesan Yuslih di hadapan ratusan siswa di MTs Negeri Manggar, Selasa (22/10/2019).

Diakuinya HSN ini oleh pemerintah merupakan bukti menghargai peran besar dan penting para ulama dan santri dalam merebut kemerdekaan RI.

Ia berharap semoga santri semakin maju ke depan. Makin bisa menghadapi tantangan global dan mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan yang ada.

"Semakin besar rasa kebanggan terhadap nilai-nilai santri dan tetap memberi kontribusi terhadap bangsa dan negara kita tercinta, yakni Indonesia," harap Yuslih. 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Belitung Timur Fezzi Uktolseja mengakui santri punya andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dimasa lalu. Ia juga mengatakan para santri dan ulama turut menjaga kebhinnekaan dan Pancasila bagi Indonesia.

Ia menilai kebhinnekaan penting dijaga karena akan membawa perdamaian bagi semua kalangan. Dalam hal ini, santri memiliki peran besar.

"Memupuk rasa kebersamaan dalam keberagaman supaya bisa menciptakan perdamaian. Saya pikir tujuan tersebut yang harus kita pegang dan laksanakan bersama," kata Fezzi kepada posbelitung.co saat menghadiri peringatan HSN 2019 di MTs Negeri Manggar, Selasa (21/10/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan jika dilihat dalam skala lebih kecil yakni santri di Belitung Timur, akan terus ia tingkatkan peran dan andilnya.

"Pemerintah daerah dan para ulama akan memikirkan membuat sebuah pesantren yang besar di Beltim supaya ke depan santri Belitung Timur bisa terus berkontribusi kepada bangsa," harapnya.

Melalui HSN 2019 ini ia berpesan kepada masyarakat dan santri bisa meningkatkan keagamaan. Selain itu, terus menjaga keberagaman dan rasa toleransi juga harus tetap ada dalam jiwa.

(posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved